UIN Raden Intan Tuan Rumah Lokakarya Nasional Kampus Hijau

By Abdi Satria


nusakini.com-Lampung-UI GreenMetric selaku lembaga pemeringkat universitas dunia di bidang sustainability atau kampus hijau berwawasan lingkungan, menunjuk UIN Raden Intan Lampung sebagai tuan rumah Lokakarya Nasional UI GreenMetric World University Rankings.  

Hal tersebut didasari peringkat UIN yang cukup baik atas penilaian lembaga tersebut. Pada 2018, UIN Raden Intan Lampung berada pada peringkat 18 secara nasional dan peringkat 1 di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). 

Rektor UIN Raden Intan Lampung Moh Mukri menyambut baik pelaksanaan lokakarya nasional ini. Dia menyatakan, momentum tersebut sejalan dengan visi kampus, yakni terwujudnya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebagai rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035. 

“Untuk orang yang baru pertama kali berkunjung ke sebuah kampus, hal yang pertama kali dilihat adalah keindahan dan kebersihannya. Ini menjadi fokus kami sejak awal. Oleh karena itu, hal yang pertama kali saya lakukan saat awal menjabat sebagai rektor adalah menaikan gaji petugas kebersihan,” jelasnya di Lampung, Rabu (14/08). 

Menurutnya, kegiatan tersebut dapat menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademik kampus dan diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran hidup bersih dan sehat. Rektor juga mengajak untuk terus memupuk kesadaran hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan serta menjadikannya sebagai kebiasaan.

Mukri menambahkan, tujuan penyelenggarakan lokakarya diantaranya untuk melakukan diseminasi kepada para pimpinan perguruan tinggi keagamaan Islam, negeri maupun swasta, serta pimpinan perguruan tinggi umum lainnya mengenai upaya-upaya mewujudkan kebersihan kampus yang berkelanjutan. 

Kemudian, bertukar pengalaman antarkampus dalam upaya mewujudkan kampus hijau standar nasional dan internasional. Kegiatan ini juga juga sebagai promosi secara nasional tentang posisi terkini yang telah dilakukan UIN Raden Intan Lampung dalam mewujudkan pengembangan kampus berkelanjutan dan target-target ke depan. 

Sementara itu, Ketua Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) UIN Raden Intan Eko Kuswanto menyampaikan terima kasih kepada jajaran pimpinan kampus yang telah mendukung kegiatan lokakarya ini. Menurutnya, kegiatan ini menjadi salah satu momentum untuk mencapai target UIN Raden Intan masuk 10 besar pada penilaian UI GreenMetric tahun 2019. 

“Kampus terus berbenah untuk menyambut tamu se-Indonesia seperti pembuatan taman, dan lain-lain. Selain rektor dan ketua PTKIN, hingga kini sudah hampir 205 peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti lokakarya ini,” jelas Eko yang juga Ketua Prodi Pendidikan Biologi ini. 

Lokakarya ini akan berlangsung pada 14-16 Agustus 2019 di Hotel Emersia dan Kampus UIN Raden Intan, Bandar Lampung. Akan hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini yakni para pakar dan pimpinan dari UI GreenMetric. Diagendakan, Menteri Agama dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia juga akan hadir pada acara tersebut. (p/ab)