UIN Palembang Juara Umum Pekan Kreativitas Mahasiswa PTKIN se Sumatera

By Admin


nusakini.com-Palembang-UIN Raden Fatah Palembang menjadi juara umum Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) PTKIN se Sumatera tahun 2018. Tim tuan rumah ini berhasil mengumpulkan 14 emas, 8 perak, dan 5 perunggu.  

Pengumuman juara dan juara umum ini disampaikan pada malam penutupan PKM PTKIN se Sumatera di Kampus UIN Raden Fatah. Selain kontingen, hadir dalam kesempatan ini, Wakil Rektor I, II, III dan Kepala Biro dilingkungan UIN Raden Fatah Palembang, Wakul Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama se-Sumatera.  

PKM ditutup oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim. Dia berharap, PKM dapat melahirkan olahragawan, seniman dan peneliti-peneliti muda yang ahli di bidangnya, agar berkontribusi pada pembangunan bangsa.

“PTKIN diharapkan menjadi tempat berseminya para atlit yang berkontribusi pada even-even nasional dan internasional untuk mengharumkan nama bangsa dan negara,” ujarnya, Jumat (12/10).  

“Persoalan olah raga dirasa sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup, namun sayangnya kita masih berwacana, miskin implementasi dari pada aksi,” sambungnya. 

Kepada para mahasiswa, Arskal berpesan agar mereka memiliki kemampuan untuk menemukan (inventor), menciptakan (creator) dan melakukan pembaharuan (inovasi) sehingga mampu berkompetisi secara sehat dalam medan kehidupan.  

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Sirozi mengatakan para atlit telah berjuang dan memberikan prestasi terbaik di ajang PKM ini. “Saya bangga terhadap telah menunjukan sportivitas, daya juang dan sekaligus menjaga marwah PTKIN," katanya. 

PKM 2018 diikuti 568 atlit dan seniman yang berasal dari 20 PTKIN se-Sumatera. Kegiatan telah berlangsung dari tanggal 8-13 Oktober 2018 untuk memperebutkan 153 dari 30 cabang perlombaan dan pertandingan. 

Tim peraih medali terbanyak kedua adalah IAIN Metro Lampung. Mereka menjadi runner up dengan 11 emas, 10 perak dan 1 perunggu. Sedangkan posisi ketiga diraih UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan 4 emas dan 4 perunggu. 

Berikut 10 Besar perolehan medali terbanyak dalam PKM I PTKIN se-Sumatera: UIN Raden Fatah Palembang, IAIN Metro Lmpung, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Raden Intan Lampung, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Sumatera Utara, STAIN Bengkalis, UIN Imam Bonjol Padang dan IAIN Kerinci Jambi. (p/ab)