Tuntut Kesejahteraan TNI POLRI, Aktivis Mahasiswa Padang Datangi DPRD Sumbar

By Admin


nusakini.com - Padang - Gelombang aksi keprihatinan atas kemiskinan TNI-POLRI digelar puluhan aktivis mahasiswa Sumatera Barat yang tergabung dalam KITRA (Koalisi untuk Kesejahteraan TNI POLRI). Gerakan KITRA ini sudah bergerak dari seluruh pelosok nusantara,.

Puluhan aktivis mahasiswa dari berbagai kampus dan elemen di kota padang menggelar aksi solidaritas untuk menyuarakan tuntutan kenaikan gaji TNI-POLRI 50juta/bulan, Senin (16/4/20187).

Mereka melakukan longmarch dari kampus menuju kantor DPRD provinsi Sumatera barat untuk berorasi dan meminta dukung DPRD menyuarakan aspirasi dan tuntutan KITRA Sumbar. Aksi tersebut juga mendapat pengawalan dari kepolisian.

Dalam perjalanan, para mahasiswa itu juga sempat melakukan orasi di perempatan jalan, tepatnya di depan Kantor DPRD Sumbar sebelum masuk ke kawasan DPRD.

Koordinator KITRA Sumbar, Muhammad Rafi membeberkan, aksi ini digelar sebagai bentuk solidaritas atas nasib para pahlawan yang berjuang 24 jam untuk negara dan untuk perbaikan ekonomi keluarganya. 

"Kita berkeyakinan, bila TNI POLRI sejahtera maka tentu seluruh waktu, energi dan keterampilan mereka tidak perlu terbagi atau terbelah demi mencari uang tambahan bagi keluarganya, 24 jam ini digunakan total buat negara dan rakyat sebab kebutuhan keluarga dan masa depannya dijamin oleh Negara", tegas Rafi.

Rafi mengingatkan, bahwa gerakan KITRA ini sekaligus menggugah rasa persaudaraan warga padang terhadap gaji TNI-POLRI yang tidak sepadan dengan tugas-tugas yang mereka pikul.

"Negara kita akan aman, rakyat bisa sejahtera bila TNI Polri disejahterahkan, mereka akan bekerja 1000 kali lipat lebih keras menjaga setiap jengkal dan jiwa warga Indonesia", tegas Rafi

Olehnya itu, KITRA meminta Presiden Jokowi mewujudkan kesejahteraan TNI-POLRI sesuai janji Nawacita, DPR RI, dan Bappenas agar segera merealisasikan tuntutan KITRA demi kejayaan Negara Republik Indonesia.

"Tujuan kita mengedukasi masyarakat bahwa kita hidup di negara terkaya di dunia. Tidak pantas jika kita membiarkan jutaan keluarga TNI-POLRi terjebak dalam kemiskinan apalagi mereka tulang punggung negara yang sangat vital," kata Rafi, yang beberapa waktu lalu ikut bertarung menjadi calon Presiden Mahasiswa Universitas Negeri Padang. 

Rafi menambahkan, pihaknya akan melanjutkan terus melakukan penggalangan dukungan dari masyarakat dalam berbagai kegiatan untuk disuarakan ke pemerintah.

"Kita akan bentuk posko-posko penggalangan dukungan masyarakat bila terkumpul nantinya akan kita jadikan bukti dukungan rakyat untuk menaikkan 50Juta Gaji TNI-POLRI" ungkapnya

"Kita akan bekerjasama dengan seluruh elemen untuk penggalangan dukungan nanti, bila pemerintah pusat tidak mengakomodir tuntutan KITRA maka kami akan menggelar aksi yang lebih massif lagi" pungkas Rafi. (p/ma)