Transformasi Menjadi BLU, PPSDM Migas Sediakan Ragam Jasa Pelayanan Publik

By Admin

nusakini.com--Sejak ditetapkan menjadi instansi Pemerintah sebagai Badan Layanan Umum (BLU) melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 964/KMK.05/2017 tanggal 28 Desember 2017, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus melakukan pembenahan pelayanan dengan prinsip efisiensi dan produktivitas. Pembenahan tersebut disertai dengan menyajikan beragam jasa pengembangan sumber daya manusia di bidang migas.  

Menempati area seluas 129 hektar dengan lokasi yang strategis di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya Jl. Sorogo No.1, Karangboyo, Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, PPSDM Migas menyajikan berbagai jasa teknologi kemigasan. Hal ini ditunjang dengan kepemilikan fasilitas pembelajaran berupa kilang berkapasitas 3.800 barel/hari atau 600 m3/hari yang merupakan sarana pelatihan riil untuk peningkatan kompetensi SDM subsektor migas. 

Selain jasa teknologi, unit kerja yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Pusdiklat Migas (2001-2016) tersebut juga menawarkan beberapa jasa keahlian migas, seperti perencanaan dan pengembangan konstruksi, penyusunan Standar Operasional Sistem (SOS), jasa konsultan, jasa tenaga ahli, jasa laboratorium, jasa pengolahan kilang, inspeksi dan kalibrasi. 

PPSDM Migas juga turut menyelenggaraan pelatihan berbasis kompentensi, meliputi bidang hulu, hilir dan penunjang migas yang rata-rata tiap tahun diikuti oleh 2.500 orang dan pelaksanaan sertifikasi sebanyak 11.500 orang. 

Guna menunjang proses pembelajaran, PPSDM Migas melengkapi infrastruktur yang mumpuni, mulai dari ruang kelas, perpustakaan, bengkel las serta laboratorium yang terdiri laboratorium geologi dan eksplorasi, lab. pemboran, lab. produksi, lab. proses dan pengolahan, lab. pengujian, lab. listrik, lab. mekanik dan lab. instrumentasi. 

Berdiri sejak tahun 1996, PPSDM Migas merupakan satu-satunya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) subektor Migas yang terakreditasi ISO 17024 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan mempunyai 36 ruang lingkup Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (KKNI). Di samping itu, ada juga sarana yang terakreditasi, yaitu Laboratorium Pengujian ISO 17025, Las ISO 9606, Inspeksi Migas ISO 17020, Lab. Kalibrasi ISO 17025 - 2008, Integrated Management System ISO 9001 - 2008 and OHSAS 18001 - 2007, Well Control IADC dan Well CAP USA. 

Demi menjaga daya saing dengan kompetisi global, PPSDM Migas tengah melaksanakan pengembangan kurikulum pembelajaran bertaraf internasional, seperti Technical Cooperation Among Developing Countries (TCDC) di 38 negara berkembang dan program pelatihan CLMV (Committee for Offshore Prospecting) di negara-negara ASEAN. 

PPSDM Migas terus melakukan pembenahan tanpa henti di berbagai aspek antara lain penataan tata laksana, manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntansi kinerja, peningkatan pelayanan publik dan bebas KKN dalam operasionalnya. Pembenahan ini dilakukan agar menjaga kualitas layanan publik.(p/ab)