Totally Rendang, Restoran Indonesia Terkini di Perth, Australia

By Admin

nusakini.com--Pada Sabtu (4/8) lalu, Dewi Tobing, Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Australia Barat, berkesempatan hadir pada acara syukuran dibukanya Totally Rendang, satu-satunya restoran Indonesia di kota Perth yang mengkhususkan diri dalam menyajikan masakan Padang otentik, berbumbu segar tanpa bahan pengawet dan bebas MSG. 

Hadir juga dalam acara yang tersebut,  Widya Sinedu, Konsul Pensosbud, bersama dengan beberapa pengusaha di Perth sebagai rekanan maupun kontraktor restoran yang baru beroperasi sejak pertengahan Juni ini.Terletak strategis di tengah kawasan perkantoran West Perth, hanya 5 menit dari CBD dan pusat belanja Watertown, serta terjangkau dalam jaringan bus gratis Central Area Transit, Totally Rendang berharap dapat ikut memperkenalkan Indonesia di mancanegara, khususnya budaya Sumatra Barat, melalui kuliner. 

Totally Rendang merupakan hasil kolaborasi 4 anak muda Indonesia yang menetap di Perth Australia, dari beragam profesi. Tetapi kesamaan mereka adalah rasa cinta tanah air dan latar belakang yang lekat dengan budaya Minang. Fina dan Vina, keduanya asli Minangkabau, adalah pendiri sekaligus juru masak harian Totally Rendang agar sesuai dengan visi mereka yaitu sebagai acuan masakan Padang asli di Australia.

Bersama dengan Dila, penanggung jawab analisa dan perencanaan bisnis, serta Ferro yang mengurus standar kesehatan dan keselamatan kerja, mereka mantap mengembangkan Totally Rendang agar dapat menjangkau lebih banyak khalayak, tidak terbatas hanya di antara komunitas warga Indonesia di Perth. 

Hal ini menarik perhatian Konsul Jenderal Dewi Tobing. Dalam sambutannya, beliau menyatakan rasa senang dan dukungan atas konsep Totally Rendang yang bersemangat untuk memperkenalkan Indonesia di komunitas non-Indonesia. Hal ini sesuai dengan salah satu misi perwakilan Indonesia di mancanegara, khususnya Perth. Beliau optimis dengan tim yang terdiri atas anak muda yang penuh energi dan asli Padang, kualitas masakan dalam terjaga dan Totally Rendang dapat terus berkembang hingga visinya terwujud. 

Totally Rendang utamanya menawarkan nasi Padang dengan cara penyajian yang sebisa mungkin mendekati kebiasaan restoran Padang di Indonesia. Secara umum, restoran ini tidak menawarkan menu tetap pada pelanggan yang datang. Aneka masakan disajikan dalam penghangat kaca dan pelanggan dapat bebas menentukan kombinasi nasi Padang yang disukai. Harga disesuaikan dengan jumlah variasi lauk utama (main dish) maupun lauk pendamping (side dish) yang dipilih. Untuk memudahkan pelanggan, disediakan harga set menu berisi 1 main dish, 2 side dish dan pilihan sambal mulai dari $11.50 saja. 

Tidak hanya rendang daging dan rendang ayam yang lazim ditemui, restoran ini juga rutin menyajikan rendang iga sapi dan berkala memasak menu rendang vegetarian, seperti rendang tempe dan rendang jamur. Gulai tunjang, paru goreng lado hijau, gulai pucuk ubi, gulai nangka, balado jariang (jengkol), ayam pop, adalah sebagian dari menu-menu otentik yang juga disajikan berkala di warung padang ala Perth ini. 

Saat ini Totally Rendang, yang telah bersertifikasi halal, juga menawarkan Sumatran Ice Coffee, Indonesian Dumplings (somay), Martabak Telor, Martabak Manis dan jajanan pasar (berkala), hasil co-branding dengan pengusaha kuliner Indonesia lainnya di Perth. Jam operasional Totally Rendang adalah Senin hingga Jumat, pukul 11.30 - 14.30. Selain makan di tempat, pelanggan dapat memilih untuk ‘take-away’. Layanan antar melalui UberEats serta katering corporate maupun pribadi akan tersedia segera di akhir Agustus. Mulai bulan September, akan dibuka weekend event khusus untuk sate Padang dan soto Padang. (p/ab)