Tonjolkan Hasil Nyata, ASEAN 50 Dirayakan HCMC

By Admin

nusakini.com--Dalam sambutan perayaan HUT ASEAN ke-50 di HCMC pada 8 Agustus 2017, Ketua Komite Rakyat Ho Chi Minh City/Gubernur Ho Chi Minh City menyampaikan hasil nyata bergabungnya Vietnam kedalam ASEAN. Mewakili Perwakilan Diplomatik negara anggota ASEAN di Ho Chi Minh City, Konjen RI dalam sambutannya menegaskan perlunya mewariskan rasa memiliki ASEAN (We Feel ASEAN) kepada generasi muda. 

Ketua Komite Rakyat HCMC menyampaikan bahwa masuknya Vietnam sebagai anggota ASEAN telah membantu Vietnam untuk berintegrasi di kawasan maupun internasional, meningkatkan kapasitas dan reformasi domestik, sehingga mendorong Vietnam untuk menjadi anggota yang berperan dalam komunitas internasional. Hal tersebut menjadikan ASEAN sebagai salah satu prioritas utama kebijakan luar negeri Vietnam. 

Sejalan dengan kebijakan luar negeri Vietnam, HCMC sebagai metroplis khusus dan pusat ekonomi nasional dan budaya selalu proaktif untuk menjalin kerjasama bilateral dengan semua negara ASEAN dalam segala sektor dalam pembangunan sosial-ekonomi, khususnya perdagangan, investasi dan pendidikan. Hingga 31 Juli 2017 HCMC menjadi tujuan 1,465 proyek investasi entitas bisnis negara ASEAN dengan nilai US$ 15.45 miliar yang utamanya bergerak disektor manufaktur, pendidikan dan pelatihan. 

Sementara Konjen RI HCMC menyampaikan perlunya upaya mempersiapkan generasi muda untuk memiliki "Pola pikir Memiliki ASEAN" (We Feel ASEAN) guna menjaga kelangsungan ASEAN dan sebagai bentuk penghargaan atas upaya pemimpin dan pemerintah dalam mempersiapkan kerangka ASEAN yang menyediakan mobilitas dan konektivitas yang lebih luas bagi berbagai kesempatan yang tidak terbatas. 

Konjen RI menyampaikan pula bahwa perayaan HUT ASEAN ke-50 untuk mengingatkan agar tidak terlena hanya membangun aspek/pilar ekonomi melalui peresmian Masyarakat Ekonomi ASEAN/ASEAN Economic Community (AEC) pada akhir 2015, karena tanpa dukungan dua pilar lainnya, yaitu politik-keamanan dan sosial-budaya, maka kelangsungan AEC akan terganggu. 

Peringatan HUT ASEAN ke-50 di HCMC dilaksanakan dalam bentuk upacara pengibaran bendera ASEAN, resepsi diplomatik dan perayaan bersama dengan Perwakilan Diplomatik di HCMC dan masyarakat Vietnam, yang penyelenggaraannya dilaksanakan seluruhnya pada 8 Agustus 2017. 

Pengibaran bendera ASEAN dilaksanakan pada pukul 07:00-07:30 dengan dihadiri oleh Konjen dan Konjen Kehormatan negara anggota ASEAN. Selanjutnya pada 18:00-19:30 Pemerintah HCMC menyelenggarakan resepsi diplomatik bagi Konjen dan Konjen Kehormatan negara anggota ASEAN. Resepsi diplomatik ditutup dengan menyaksikan penayangan citra mengenai ASEAN dan profil singkat negara ASEAN yang dilaksanakan dilapangan terbuka di halaman gedung kantor Komite Rakyat Ho Chi Minh City.

Penayangan dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi laser menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat Vietnam yang sudah menunggu sejak lama dan wisatawan mancanegara yang berada di sekitar lokasi.

Kegiatan memperingati HUT ASEAN ke-50 ditutup dengan penyelenggaraan perayaan di gedung pertunjukan milik Pemerintah HCMC yang dikenal dengan sebutan Opera House. Perayaan dihadiri oleh perwakilan instansi pemerintah, wakil negara yang memiliki perwakilan diplomatik di HCMC, perwakilan Youth Communist Union, mahasiswa dan masyarakat Vietnam.(p/ab)