Nusakini.com--Selayar--Taman Nasional Takabonerate Kepulauan Selayar melakukan upaya luar biasa buat generasi milenial. Upaya tersebut berupa pelaksanaan pendidikan konservasi lingkungan dengan menanam bibit pohon di sekitaran resort Pasitallu Timur Taman Nasional Taka Bonerate. Jum'at, (24/1/2020).

Berdasarkan informasi sosial media rilis Taman Nasional Takabonerate Selayar, peserta pendidikan konservasi diikuti oleh siswa-siswi SMPN 31 Kepulauan Selayar bertempat di Pusat Informasi Desa Khusus Pasitallu.

Kegiatan dimulai dengan penanaman beberapa bibit pohon cemara laut di sekitar kantor resort oleh Kepala Resort Pasitallu Timur, Hendra Marannu bersama guru SMPN, Sariping, S.Pd. dan Ketua Kelompok Pemandu Wisata Pasitallu Timur, Mulyadi dan siswa siswi SMPN 31. 

"Ini adalah kegiatan gabungan antara Resort Pasitallu Timur dan Pasitallu Tengah," jelas Hendra Marannu, Kares Pasitallu Timur Seksi Pengelolaan Taman Nasional Taka Bonerate Wilayah II Jinato.

Pendidikan konservasi kali ini mengambil tema "Mengenal pohon dan manfaatnya bagi manusia serta alam sekitar." 

Khoirul Anam, S.Pi. (PEH Pertama) menyampaikan pemaparan, bahwa pohon memberikan banyak manfaat bagi manusia dan alam. 

"Namun masih ada pemahaman yang keliru pada masyarakat di Kawasan TN Taka Bonerate yang masih menganggap bahwa pohon merupakan rumah hantu, sehingga tujuan penyampaian materi ini adalah menyadarkan generasi muda untuk tidak terjebak dalam pemahaman yang keliru tentang pohon, dan dapat turut serta dalam upaya penghijauan daerahnya," tambah Khoirul Anam.

Penyampaian materi sendiri berjalan santai diselingi permainan dan tanya jawab. Siswa-siswi begitu antusias mengikuti materi. 

Di ujung kegiatan, Sariping, S.Pd. menyampaikan terima kasih dan berpesan agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.(R/Rajendra)