TMMD Tak Hanya Fokus Pembangunan Fisik

By Admin

nusakini.com--Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tidak hanya berfokus untuk pembangunan fisik di daerah. Program tersebut juga untuk mendukung pemerintah desa dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik, hingga pemberdayaan masyarakat untuk mengembangkan ekonomi. 

“Ketika desa sudah memiliki anggarannya, ketika pemerintahan di tingkat desa saling belajar bagaimana berinovasi, bagaimana pengelolaan pemerintahan yang bersih dan baik (good governance and clean government), maka TMMD hari ini akan melengkapi tugas itu. Saya kira TMMD program yang bisa mengakselerasi pembangunan yang ada di desa,” terang Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP saat memimpin Upacara Pembukaan TMMD Reguler Selasa (10/7). 

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu menjelaskan, TMMD turut serta dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembinaan usaha kecil dan menengah (UKM) dan menggelar pasar murah (bazar). Peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan penguatan ideologi bangsa tidak luput menjadi program nonfisik TMMD. Penguatan ideologi bangsa melalui penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, disiplin dan tata tertib hukum, antinarkoba, dan gotong royong pun sangat penting dilakukan di tengah ancaman radikalisme dan terorisme saat ini. 

“Ada gangguan hoaks, narkoba, dan pikiran-pikiran buruk yang tidak sesuai dengan ideologi kita seperti radikalisme dan terorisme. Kita harus tangkal dari diri kita masing-masing. Jawa Tengah punya nilai-nilai yang luar biasa. Guyub rukun, tepa selira, andap asor, punya budi pekerti, dan seneng tetulung,” tegasnya. 

Sementara itu, program fisik TMMD meliputi betonisasi jalan sepanjang kurang lebih 1.300 meter dengan lebar empat meter, talud sepanjang 55 meter, drainase sepanjang 25 meter, jambanisasi 16 unit, rehab rumah tidak layak huni sebanyak empat unit. Khusus untuk jambanisasi, Gubernur Ganjar Pranowo juga menambahkan sepuluh unit jamban bagi warga Kecamatan Bandongan. 

Usai memimpin upacara pembukaan TMMD, gubernur meninjau betonisasi jalan, dan melakukan peletakan batu pertama di salah satu RTLH yang memperoleh bantuan rehab dari CSR BUMD.(p/ab)