Tingkatkan Kualitas Pembelajaran BIPA, KJRI Jeddah Adakan ToT

By Admin

nusakini.com--KJRI Jeddah menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi para calon instruktur program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Kegiatan yang berlangsung di kantor Konsulat Jenderal RI Jeddah dibuka oleh Acting Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Muhammad Sukarno, akhir pekan lalu.

Pelatihan  ini diikuti sebanyak 25 peserta yang terdiri dari guru Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), Sekolah Indonesia Makkah (SIM), staf KJRI Jeddah dan perwakilan mahasiswa King Abdul Aziz University Jeddah. 

Dalam sambutannya Acting Konjen menyampaikan kepada para peserta dan narasumber mimpinya untuk menjadikan Bahasa Indonesia kelak sebagai bahasa kedua setelah bahasa Arab. Hal ini, sambung Acting Konjen, berdasarkan pada fakta bahwa Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Selain itu, Indonesia mengirimkan jumlah terbesar jamaah umrah dan haji. 

"Jadi ini dasar-dasar yang paling menguatkan untuk mencapai apa yang kita angan-angankan. Selain itu, hubungan kebudayaan kita baik. Hubungan politik ke depan akan makin baik," katanya. 

Lebih lanjut Acting Konjen berharap agar program BIPA ke depan bisa menjadi sarana yang bisa mengarahkan hubungan RI-Saudi untuk kepentingan yang lebih besar. 

Program pelatihan bertajuk Training of Trainers BIPA menghadirkan Dr. Dwiyanto Djoko Pranowo, M.Pd, seorang narasumber profesional sekaligus praktisi berpengalaman dalam pengajaran BIPA di sejumlah negara, antara lain di India dan Perancis. 

‚Äč Dosen pendidikan Bahasa Perancis kelahiran Yogyakarta 1960 ini, selain memegang jabatan fungsional lektor kepala di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga bertugas mensupervisi pengajaran Bahasa Perancis di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. 

Materi pelatihan yang dijadwalkan berlangsung sepekan ini meliputi BIPA dan pembelajarannya, strategi dan teknik pembelajaran BIPA (PBIPA), silabus dan perencanaan pembelajaran, pengembangan bahan ajar PBIPA, evaluasi dalam PBIPA, lesson learned (tips mengajar BIPA) dan diakhiri dengan praktik mengajar.(p/ab)