Tingkatkan Kesehatan Lingkungan, Anies Ingin Optimalkan Peran RW Siaga

By Admin

Foto/Net  

nusakini.com - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan punya keinginan mengoptimalkan peran Rukun Warga (RW) siaga untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga.

Peran RW Siaga ini nantinya juga bakal menciptakan lingkungan kesehatan yang sehat dalam lingkungan terkecil warga.

"Kita tingkatkan, jadi nanti di tingkat RW siaga itu sekarang banyak covernya soal kesehatan. Tapi nanti kita ingin perluas, nanti RW siaganya bukan hanya kesehatan, jadi di bidang kesehatannya pun itu pada bukan hanya orangnya, tapi lingkungannya," kata Anies, Minggu (9/4/2017). 

Anies menginginkan warga sehat, namun yang terpenting adalah juga lingkungan yang sehat. Tenaga medis yang dikirim memeriksa kesehatan warga juga memahamkan akan lingkungan yang sehat. 

"Artinya tenaga medis ini keliling membantu untuk membangun suasana yang lebih sehat," sebut Anies. 

Dia menyebut banyak rumah warga yang lingkungannya masih jauh dari lingkungan yang sehat. Untuk itu pihaknya memandang penting untuk memahamkan warga akan lingkungan yang sehat. 

"Rumah-rumah kita kadang-kadang tidak sehat, sinar mataharinya tidak masuk ke rumah, atau saluran udaranya belum tentu bersih. Jadi sehat itu holistik, bukan sekedar individu orangnya, tapi juga lingkungannya," jelasnya. 

Pihaknya akan mengutamakan pelayanan kesehatan dengan pendekatan promotif dan preventif. Anies menginginkan Pemprov di zamannya nanti mengajak warga untuk memiliki gaya hidup sehat. 

"Dan caranya adalah justru dengan kita datang ke warga kampung-kampung. Jadi bukan dokter, tapi adalah tenaga yang sudah terlatih yang nanti akan berkeliling ke rumah-rumah, ke warga-warga untuk melihat kondisi warga, keluarga, dan lingkungan," kata Anies. 

Anies mengatakan tenaga yang sudah terlatih tersebut akan memastikan semua warga dalam kondisi sehat. "Nah kegiatan (Baksos pelayanan kesehatan) ini salah satu contoh betapa kehadiran untuk pencegahan, untuk menumbuhkan gaya hidup sehat itu penting sekali," pungkasnya.(b/mk)