Tingkatkan Kerja Sama, Utsus Presiden RI Temui Presiden Zambia

By Admin

nusakini.com--Pemerintah Republik Indonesia berkomitmen menjadikan negara-negara di kawasan Afrika sebagai prioritas diplomasi Indonesia. Sebagai bukti komitmen tersebut, Utusan Khusus (Utsus) RI, N. Hassan Wirajuda, diterima oleh Menteri Luar Negeri Zambia, Joseph Malanji dan Presiden Zambia, Edgar Chagwa Lungu, di Lusaka, Zambia, belum lama ini.

Isu-isu mengemuka yang dibahas antara lain adalah peluang investasi di bidang infrastruktur dimana Presiden Edgar Lungu secara langsung mengundang Pemerintah RI untuk dapat berpartisipasi di dalam berbagai proyek pembangunan infrastruktur di Zambia. Adapun saat ini PT. INKA tengah dalam proses negosiasi proyek penjualan 30 unit lokomotif ke Zambia senilai ±USD 90 Juta. Sebagai tambahan, PT. Wijaya Karya (WIKA) juga tengah menjajaki sejumlah proyek konstruksi di Zambia, termasuk kemungkinan berpartisipasi pada proyek pembangunan mini hydropower plant. 

Komitmen Indonesia menjadikan negara-negara Afrika sebagai prioritas diplomasi juga diwujudkan dengan penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) pada 10 – 11 April 2018 di Bali yang akan mengundang Menteri-Menteri dan Pengusaha-Pengusaha dari negara-negara di kawasan Afrika. Pada kegiatan tersebut akan dilaksanakan penandatanganan berbagai kesepakatan bisnis antara Indonesia dan negara-negara di kawasan Afrika serta akan diumumkannya berbagai kesepakatan bisnis yang dalam waktu dekat akan segera di implementasikan. Sehubungan dengan pelaksanaan IAF, Presiden Edgar Lungu telah menginstruksikan Menlu serta Menteri terkait untuk hadir dan berpartisipasi. 

Indonesia dan Zambia satu pandangan mengenai perlunya penguatan kerja sama perdamaian dan keamanan. Kedua negara dalam waktu dekat akan melaksanakan kerjasama teknis antara peacekeeping center Zambia dan peace keeping center Indonesia. Sehubungan dengan pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020, Zambia memiliki keyakinan bahwa Indonesia akan terpilih.(p/ab)