Ibu Kota DKI Jakarta (Ilustrasi) 

nusakini.com - Lembaga riset The Legatum Institute merilis laporan terbaru yang memperlihatkan tingkat kemakmuran Indonesia semakin meningkat. Dalam laporan tahunan berjudul Global Prosperity Index, Indonesia mampu memperlihatkan perkembangan signifikan di modal sosial dan sektor pemerintahan.

Riset tersebut juga memperlihatkan bahwa Indonesia masuk sebagai salah satu negara yang mampu memperlihatkan perkembangan terbaik di kawasan ASEAN. Kini Indonesia bertengger di peringkat 61 sebagai negara paling makmur di dunia.

Selama kurun waktu 2007 hingga 2016, hanya ada 11 negara yang mampu naik peringkat di atas ranking 75. Indonesia masuk diantaranya diikuti dengan Vietnam, Sri Lanka dan Filipina yang sama-sama negara Asia Tenggara.

Indonesia juga dinilai mampu meningkatkan kemakmurannya lewat tiga faktor penting yaitu pendidikan, pemerintahan dan modal sosial. Peningkatan di bidang pemerintahan mencapai 116 persen. Sementara untuk pendidikan dan modal sosial, Indonesia dinilai mampu meningkatkan kualitasnya sebesar 101 persen dan 125 persen.

"Kami menilai ada beberapa negara yang memperlihatkan performa yang baik dan dapat berkontribusi pada tingkat kemakmuran dunia. Negara-negara tersebut antara lain Vietnam, Polandia, Filipina dan Indonesia," tulis laporan tersebut.

Secara keseluruhan, tingkat kemakmuran Indonesia mampu berkembang sebesar 7 persen dari tahun 2007 hingga 2016. Populasi penduduk besar yang dimiliki Indonesia dinilai bisa membuat negara kepulauan ini berkontribusi besar pada kemakmuran global.

Sementara itu, kekayaan Indonesia telah meningkat mendekati 40 persen selama sepuluh tahun terakhir. Hal ini membuat Indonesia mampu mencapai peningkatan kemakmuran terbesar di Asia Pasifik.(b/mk)