Ternyata, Kostum Timnas Inggris di Piala Eropa 2016 Buatan Indonesia

By Admin

nusakini.com--Timnas Inggris ternyata memakai jersey buatan Indonesia di ajang Piala Eropa 2016.Kostum Wayne Rooney dkk. rupanya tidak diproduksi di Eropa ataupun di Benua Amerika, melainkan dibuat di Indonesia, tepatnya di Kota Semarang. PT Grand Best Indonesia mendapatkan kepercayaan dari Nike untuk memproduksi jersey timnas Inggris.

Tetapi pembuatan jersey skuat Tiga Singa mendapatkan kritikan tajam. Seperti dilansir The Sun, para pekerja di PT Grand Best Indonesia yang 93 persennya adalah wanita, hanya mendapatkan bayaran 95 penny per jam, atau 165 poundsterling (Rp 3,1 juta) dengan jadwal kerja lima hari dalam seminggu.

"Itu hampir setengah gaji kami selama sebulan. Dengan uang Rp 1,1 juta, Anda bisa membeli laptop atau TV atau sepeda untuk anak Anda pergi ke sekolah," ujar salah seorang pekerja PT Grand Best Indonesia, Karina, seperti dilansir The Sun.

Jika dibandingkan dengan upah buruh di Inggris, bayaran para pekerja di PT Grand Best Indonesia selisihnya juga sangat jauh. Buruh di Inggris digaji 7,4 poundsterling perjam atau setara dengan Rp 143 ribu. 

Meski demikian, bayaran para buruh di PT Grand Best Indonesia untuk ukuran Kota Semarang cukup besar. Upah Minimum Regional (UMR) Kota Semarang hanya mencapai angka Rp 1,9 juta.(b/ab)