Terkait UMKM, Pemerintah Bakal Luncurkan Paket Kebijakan Baru

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Guna memacu pertumbuhan serta mempermudah iklim usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pemerintah kembali menyiapkan sebuah paket kebijakan yang nantinya dianggap mampu mengurai kesulitan UMKM selama ini.

"Kita akan ada paket besar, mungkin seminngu atau 10 hari lagi. Ini juga untuk EODB (ease of doing business)," ungkap Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution, di Jakarta, Jumat malam (1/4/2016). 

‎Menurut Darmin, saat ini banyak perizinan di daerah yang diberikan bagi UMKM saat ini tidak sederhana. Meskipun perizinan ini dilakukan di daerah, namun referensi kebijakan tersebut masih ada di kantor Lementerian dan Lembaga (K/L). Hal ini karena perizinan tersebut memang awalnya berada di K/L, namun didelegasikan ke daerah melalui otonomi daerah. 

Sebelumnya, dalam paket kebijakan ke-11 pemerintah juga telah memberikan kemudahan bagi UMKM melalui program kredit usaha rakyat berorientasi ekspor (KURBE). Fasilitas kredit ini diberikan sebagai stimulus kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing produk ekspor UMKM berbasis kerakyatan. Melalui fasilitas kredit ini diharapkan kualitas dan nilai tambah produk ekspor UMKM lebih meningkat. 

KURBE menyediakan fasilitas pembiayaan ekspor yang lengkap dan terpadu untuk modal kerja (Kredit Modal Kerja Ekspor/KMKE) dan investasi (Kredit Investasi Ekspor/KIE) bagi UMKM. Dengan tingkat suku bunga 9 persen tanpa subsidi, penyaluran kredit ini bakal ditangani Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia/LPEI (Indonesia Exim Bank) (mk)