Terkait Calon Kapolri, Fadli Zon Anggap Pilihan Jokowi Tepat

By Admin


nusakini.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang membidangi Koordinasi Politik dan Keamanan (Korpolkam) , di Jakarta, Rabu (15/6/2016), menjamin proses uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap Komjen Tito Karnavian selaku calon tunggal Kapolri akan tuntas pada 24 Juli 2016 nanti.

Hal tersebut karena Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti akan memasuki pensiun pada akhir 24 Juli, sementara DPR bakal memasuki masa reses pada 28 Juli.

"Karena surat presiden sudah masuk ke DPR, besok (16/6) kita proses cepat dan saya memperkirakan sebelum tanggal 24 Juli sudah selesai," kata Fadli Zon berjanji. 

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu, bahkan menyebut keputusan Jokowi memilih Tito sebagai calon tunggal Kapolri merupakan langkah tepat. Penilaian Fadli itu didasarkan pada prestasi Tito selama ini. 

"Pilihan tepat, berprestasi, bisa diterima semua pihak. Pilihan yang bagus," tegasnya. 

Ditanya tentang Tito yang menjadi jenderal Polri berbintang tiga paling muda, Fadli justru meyakini Jokowi sudah punya pertimbangan ke depan. Sebab hal itu demi mempercepat regenerasi di Polri. 

“Saya melihat kalau ada lompatan bisa mempercepat juga regenerasi di Polri. Tidak ada masalah, yang penting punya kapasitas dan visi," ujar Fadli Zon. 

Lebih lanjut Fadli mengatakan, Fraksi Gerindra DPR RI juga menganggap Tito bukan sosok bermasalah. 

"Saya secara pribadi juga kenal baik dengan Pak Tito," tutup Fadli Zon. (if/mk)