Terancam Didepak Manor, Manejemen Rio Haryanto Berharap Perpanjangan Satu Seri

By Admin

nusakini.com-- Kiprah pebalap Indonesia, Rio Haryanto, di kancah Formula 1 (F1) kemungkinan bakal berakhir usai GP Hungaria, 24 Juli 2016.

Seperti diketahui, petualangan Rio di F1 2016 terancam berhenti pada seri ke-11 karena tak kunjung ada kepastian untuk menggenapi pembayaran ke Manor senilai 7 juta euro (Rp 101 miliar). Sesuai kontrak awal, dengan dana yang sudah disetorkan senilai 8 juta euro (Rp 115 miliar), Rio hanya bisa membalap sebanyak 11 seri. Jika ingin berkiprah hingga akhir musim, manajemen Rio harus total membayar sebanyak 15 juta euro (Rp 216 miliar).

"Kalau harapannya jelas ingin lanjut sampai akhir musim. Tapi sampai sekarang belum ada perkembangan apa-apa, baik dari pencarian sponsor maupun dari Manor. Kami terakhir berbicara dengan pihak Manor beberapa hari lalu. Mereka berpegangan pada kontrak (11 seri). Jadi kami kini hanya bisa menunggu kabar dari Manor seusai GP Hungaria," kata Indah Pennywati , Ibunda Rio, Minggu (17/7).

Manajemen Rio kini hanya bisa menunggu keputusan dari Manor. Dalam pembicaraan terakhir beberapa hari lalu, Manor mengatakan tetap berpegang pada kontrak awal yang sudah disepakati, yaitu 11 seri. Meski demikian, Indah tak berhenti berharap. Dia berharap bisa kembali bernegosiasi lagi dengan Manor seusai GP Hungaria.

"Kami berharap nanti bisa negosiasi lagi, misalnya minta kelonggaran untuk pembayaran, atau tambahan satu seri lagi, jadi hingga GP Jerman. Soalnya kan GP Jerman itu hanya selang satu pekan dari GP Hungaria," imbuh Indah.  

GP Jerman berlangsung di Hockenheim pada 31 Juli. Setelah itu, seri F1 bakal masuk libur jeda selama satu bulan. Mepetnya jadwal antara GP Hungaria dan GP Jerman itu diharapkan jadi pertimbangan Manor untuk memberi tambahan satu seri bagi Rio. (b/ab)