nusakini.com--Juventus bangkit demi meraih kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2017-2018, di Stadion Wembley, London, Kamis (8/3) dinihari WIB.

Hasil ini membawa Juventus lolos ke perempat final Liga Champions. I Bianconeri unggul agregat 4-3 atas Tottenham Hotspur.

Perjuangan Juventus untuk memastikan tiket ke babak selanjutnya tidaklah mudah. Pada pertemuan pertama, kedua tim bermain 2-2. 

Juventus semakin tertekan karena terus menerima serangan dari Tottenham Hotspur sepanjang babak pertama. Pada menit ke-39, gawang Gianluigi Buffon harus kebobolan setelah tembakan Son Heung-min menggetarkan jala tim tamu. 

Babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Tottenham Hotspur. Secara agregat, The Lilywhites unggul 3-2 atas Juventus. 

Mentalitas Juventus sebagai finalis Liga Champions tahun lalu baru terlihat pada babak kedua. Pergantian pemain yang dilakukan pelatih Massimiliano Allegri pada menit ke-60, mengubah jalannya pertandingan. 

Kwadwo Asamoah dan Stephan Lichsteiner dimainkan demi menggantikan Medhi Benatia serta Blaise Matuidi. Serangan Juventus pun berfokus pada sisi sayap. 

Keputusan Allegri terbukti jitu. Juventus menyamakan skor melalui sundulan Gonzalo Higuain ketika pertandingan memasuki menit ke-64. 

Tidak lama kemudian atau tepatnya menit ke-67, Juventus mampu berbalik unggul. Lolos dari jebakan offside, Dybala menerima umpan matang Higuain. 

Dybala tinggal berhadapan dengan kiper Tottenham Hotspur Hugo Lloris. Tanpa kesulitan, Dybala melesakkan bola sekaligus mengubah skor menjadi 2-1 untuk Juventus. 

Skor tersebut memaksa Tottenham Hotspur tampil lebih menyerang. Akan tetapi, masuknya Erik Lamela dan Fernando Llorente tidak cukup untuk mencetak gol tambahan. Laga berakhir 2-1 untuk kemenangan Juventus. (b/ab)