nusakini.com-- Perseru Serui menekuk PSM Makassar 1-0 di Stadion Marora, Serui, Papua, Senin (16/5). Gol tunggal Perseru dicetak oleh Gakou Amadou pada menit 56 Bagi Perseru, ini kemenangan perdana  di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Perseu memulai pertandingan dengan serangan kilat. Gawang PSM yang dikawal oleh Dimas Galih nyaris kebobolan lewat sundulan Gakou Amadou pada menit ke-2. Perseru mendapat tendangan bebas setelah Boman Aime melanggar pemain Perseru. Gakou Amadou yang bertugas mengeksekusi tendangan bebas gagal memanfaatkan peluang. Sepakannya melebar jauh dari gawang Dimas.

Lagi-lagi Perseru mendapat tendangan bebas  pada menit 20. Gakou kembali gagal memanfaatkan peluang. Kali ini tendangannya membentur pagar hidup para pemain PSM. 

PSM mendapatkan peluang emas pertamanya pada menit 36. Tapi sayangnya, sepakan keras Lamine bisa digagalkan kiper Sukasto Effendi. Pada akhir babak pertama, PSM mendapat tendangan bebas. Alex da Silva yang mendapat tugas gagal memanfaatkan peluang tersebut setelah sepakannya membentur pagar hidup. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0. 

Babak kedua, PSM langsung menggebrak. Lagi-lagi tim Juku Eja mendapatkan tendangan bebas. Kali ini Ferdinand Sinaga yang bertugas mengeksekusi tendangan bebas juga gagal, sepakannya membentur pagar hidup. 

Perseru akhirnya unggul lewat sepakan Gakou pada menit ke-56. Gol tersebut mendapat protes keras dari pemain PSM kepada wasit Tabrani dari Surabaya. PSM menilai Gokau sudah lebih dahulu off-side. 1-0 untuk tuan rumah. 

Menit 64, PSM mendapatkan peluang melalui tendangan sudut. Sayang tidak ada pemain PSM yang berhasil memanfaatkannya menjadi gol. Perseru hampir saja menggandakan keunggulan setelah bek PSM membuat blunder. Sayang sepakan Meosido bisa dikejar kiper Dimas Galih. 

Usaha PSM untuk menyamakan kedudukan tak membuahkan hasil. Hingga pertandingan berakhir, skor tetap 1-0 untuk tuan rumah. Perseru memenangkan pertandingan perdananya di TSC 2016. (b/ab)