Teknologi Modern yang Sudah Ada Sejak Zaman Kuno

By Admin


nusakini.com - Banyak orang lupa atau malas menccari tahu, bahwa banyak teknologi modern yang baru terkenal pada masa kini, sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun hingga ribuan tahun yang lalu.

Pada masa kini, kita berada dalam zaman modern dimana teknologi sangat inovatif dalam berbagai aspek kehidupan. Begitu banyaknya informasi dan pemberitaan tentang teknologi yang semakin maju pada masa sekarang itu, mambuat banyak diantara kita tak tahu bahwa teknologi tersebut sudah ada sejak lama. 

Namun seperti semua orang tahu, bahwa penemu awal sebuah teknologi pastinya sangat sederhana, dan masih ada beberapa ketidaksempurnaan, tapi tetap saja mereka adalah sebagai penemu, bukan peniru atau penyempurna dari teknologi itu seperti para saintis dan ilmuwan pada masa kini. 

Berikut kami sajikan teknologi modern yang sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun hingga ribuan tahun yang lalu

  • Bedah plastik


Pembedahan plastik modern, kali pertama diperaktekkan oleh Sir. Harold Gillies pada tahun 1917 silam. Kala itu, Harold Gillies menggunakan pembedahan plastik untuk menyembuhkan muka Walter Yeo. Pasiennya tersebut adalah seorang yang cedera akibat terkena luka bakar ketika terjadi Perang Dunia-I.

Namun, jika dijejaki jauh sebelumnya, pembedahan plastik bermula digunakan sejak 3,000 tahun sebelum Masehi, mereka adalah orang-orang Mesir purba. 

Peradaban Mesir kuno pada kala itu memberlakukan pemotongan hidung bagi seorang pencuri. Maka sebagian dari para ahlinya pada zaman itu, ternyata telah menggunakan teknologibedah plastik untuk memperbaiki kembali hidung mereka yang dipotong akibat mencuri.

  • Jam Pengingat (Jam Alarm)


Kredit untuk teknologi jam dengan alarm sebagai pengingat waktu biasanya diberikan kepada Levi Hutchins, yang telah berhasil membuat suatu jam yang bisa mengingatkannya dengan cara berbunyi pada setiap hari di tahun 1787 silam.

Jam dengan bunyi alarm sebagai pengingat waktu itu, di setting oleh Levi Hutchins agar dapat berbunyi pada setiap jam 4 pagi. 

Namun jauh sebelumnya, yaitu pada tahun 440 sebelum Masehi, seorang ahli filsafat dari Yunani bernama Plato, telah berhasil menciptakan dan menggunakan jam air untuk dapat mengejutkannya pada setiap pagi hari, dan berguna agar ia tak terlambat pergi kuliah.

  • Pintu Otomatis


Pintu otomatis diciptakan untuk dapat menyelesaikan masalah terhadap pintu jenis sebelumnya, yang sempat ngetop di era tahun 40-50an, yaitu pintu yang berbentuk bulatan dan dapat bergerak berputar atau biasa disebut revolving-door.

Tapi, ternyata pintu ‘revolving-door’ berbentuk bulatan dan dapat bergerak berputar itu, sangat bermasalah jika terkena angin. Ketika cuaca berangin, maka pintu jenis bulat itu akan ‘dikunci’ agar tak berputar terus-menerus, akibatnya pengunjung hotel atau mall tak dapat keluar masuk dengan leluasa.

Kemudian pada tahun 1954 silam, dua orang pengusaha Amerika Serikat bernama Dee Horton dan Lew Hewitt telah menciptakan pintu otomatis untuk menyelesaikan masalah terhadap pintu jenis revolving-door.

Namun, ternyata pintu otomatis pertama telah diciptakan pada tahun 50 sebelum masehi yang berhasil diciptakan oleh Hero of Alexandria. Ia telah mencipta sebuah pintu otomastis untuk kuil. Apa yang menarik adalah, untuk membuka pintu kuil tersebut, seorang agamawan hanya perlu menyalakan api di altar kuil. 

Dengan panas yang dihasilkan dari api, maka dorongan panas itu disalurkan pada mekanik di pintu kuil, mirip azas kerja ketel uap. Maka pintu akan terbuka secara otomatis dan hal ini telah diterapkan pada tahun 50 sebelum masehi.

  • Baterai


Sejarah penciptaan baterai biasanya selalu dikaitkan dengan seorang saintis asal Itali pada abad ke 18, bernama Luigi Galvani. Awalnya, Galvani mendapati ketika ia bereksperimen dengan dua kaki katak yang mati.

Ia mencoba memotong dua buah kaki seekor katak mati. Lalu ia menyambungkan seuntai kabel pada bagian kedua ujung kaki kanan dan kaki kiri pada katak mati itu. 

Kemudian pada kedua ujung kaki lainnya, yaitu bagian pangkal kaki katak, masing-masing ia kaitkan dengan seutas kawat. Lalu kedua ujung kawat itu ia buat agar saling bersentuhan, maka kedua kaki katak mati itu akan bergerak. Hal ini menunjukkan adanya muatan listrik atau elektrik. 

Tak sadar, kaki katak yang ia rangkai bagaikan baterai yang dipasang seri. Maka rangkaian baterai yang dianggap sebagai penciptaan baterai pertama dengan tak sengaja, telah ia buat. 

Terinspirasi dari penemuan Galvani, ahli fisika yang bernama Alessandro Volta akhirnya berhasil menciptakan sebuah baterai pertama pada tahun 1799 dan sekaligus sebagai pencipta baterai pertama di dunia. Untuk menghormatinya, maka nama akhir “Volt”, menjadi angka satuan untuk tegangan listrik hingga kini. 

Namun hampir dua abad kemudian yaitu pada tahun 1983, beberapa ahli arkeologi telah menemukan suatu bentuk mirip kendi dari tanah liat di Baghdad, yang dalamnya mengandung silinder copper dan batang besi. Ahli arkeologi berpendapat bahwa ini adalah baterai yang kemudian dikenal sebagai “Baghdad Battery” yang digunakan sejak tahun 200 sebelum masehi.

  • Robot


Robot adalah alat untuk dapat bergerak secara otomatis melalui tuas-tuas seperti mesin dan dapat diperintah sesuai apa yang telah diprogram. Robot elektronik yang bergerak otomatis, kali pertama diciptakan oleh William Grey Walter pada tahun 1948. Robot itu memiliki mekanik seperti kura-kura (mechanical turtles) dan mampu kembali lagi ke tempat awalnya, apabila daya baterainya semakin berkurang.

Namun ternyata, wujud robot telah terlihat sejak 2.000 tahun sebelum penemuan itu. Seorang insinyur Yunani bernama Hero of Alexandria telah mencipta suatu mesin otomatis yang dapat bergerak sendiri dan membuat sebuah pertunjukan teater kepada penonton. 

Robot-robot ini dapat diprogram untuk membuat arahan-arahan dan gerak tertentu. Apa yang menarik adalah, penggerak robot-robot yang dicipta oleh Hero of Alexandria itu adalah tekanan uap air. 

Robot “mechanical turtles” pada sekitar tahun 1948 (kiri), dan robot tempo dulu yang diciptakan oleh Hero of Alexandria yang digerakkan oleh tekanan uap air (kanan) 

Itulah 10 teknologi yang populer pada masa modern ini, tapi sebenarnya sudah ditemukan pada masa lalu walau masih menggunakan material yang sangat sederhana, namun memiliki konsep yang mirip seperti alat yang terkini. Wajar saja jika alat-alat tersebut diatas jauh dari sempurna, karena pada kala itu teknologi belum modern dan secanggih seperti sekarang. (t/om)