Tekanan Kian Besar, Darije Butuh Pendamping Aktif di Bench PSM

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Selain menatap final Piala Indonesia 2019, PSM juga menghadapi Liga 1 2019 yang kian sengit. Harapan besar dari suporter PSM yang rindu juara membuat tekanan kepada pelatih Darije Kalazic juga kuat. 

Ironisnya, saat tekanan kian besar, sampai saat ini Darije Kalezic belum didampingi langsung sang asisten, Bonnie Fautngil di bench pemain kala PSM tampil. Karena kendala administrasi, Bonnie yang sengaja diminta Darije datang ke Makassar untuk mendampinginya hanya mengamati pertandingan lewat tribune penonton.

Bonnie yang sebelumnya adalah staf pelatih di Akademi Valencia baru bisa memberikan masukan saat jeda pertandingan. Padahal, peran asisten juga diperlukan untuk memberikan masukan saat pertandingan berjalan.

Termasuk ketika tim butuh perubahan strategi untuk menyiasati perkembangan di lapangan. Diantaranya, pergantian pemain. Berdasarkan sumber internal tim, karena sedang fokusnya mengamati pertandingan melawan Bhayangkara, Darije sempat membuat 'kesalahan' dalam pergantian pemain. Pada pergantian ketiga, Darije seharusnya ingin memasukkan Bayu Gatra untuk menggantikan Ferdinand Sinaga. Tapi yang masuk Hasim Kipuw yang posisinya adalah pemain belakang atau gelandang. Ini yang membuat PSM sempat tertekan di menit-menit akhir pertandingan.

"Memang sebaiknya coach Bonnie duduk di bench. Tapi, kita tidak tahu apa kendala administrasinya," ujar Faisal Maricar, pengamat sepakbola Makassar yang juga eks bek PSM ini. (ab)