Tarian dan Makanan Indonesia Meriahkan HUT ASEAN ke-50 di Buenos Aires

By Admin

nusakini.com--Seni, budaya serta kuliner Indonesia kembali mendapat perhatian masyarakat Argentina pada perayaan HUT ASEAN ke-50 di Kementerian Luar Negeri dan Agama Republik Argentina. Perayaan tahunan yang diselenggarakan oleh 5 (lima) Kedutaan Besar negara anggota ASEAN yang berada di Buenos Aires: Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam, dimeriahkan oleh ragam makanan dan budaya Asia Tenggara. 

Dalam perayaan HUT ASEAN ke-50, Indonesia menampilkan Tari Khas Daerah Istimewa Yogyakarta, "Kelana Raja" lengkap dengan aksesoris dan musik tradisional Indonesia. Tersebut dibawakan oleh staf KBRI Buenos Aires, Sudiharto. Pertunjukan tari tersebut mendapatkan sambutan yang sangat meriah. 

Kuliner Indonesia yang disajikan dalam acara tersebut juga diminati oleh hadirin serta undangan yang datang. KBRI Buenos Aires menyajikan makanan khas Indonesia berupa "risoles" dan "onde-onde". 

Selain pertujukan tari dan kuliner, KBRI Buenos Aires juga memamerkan photo exhibition bertema "ASEAN in Argentina". Pameran foto ASEAN ini bertujuan untuk menunjukan kepada masyarakat Argentina keberadaan ASEAN di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Argentina. Indonesia menampilkan foto sebuah jalan di salah satu wilayah di Kota Buenos Aires yang bernama "Republica de Indonesia" dan juga kunjungan Presiden RI Abdurrahman Wahid ke Argentina pada tahun 2000. 

KBRI Buenos Aires juga menampilkan foto sekolah yang diberi nama "Escuela de la Republica de Indonesia" yang merupakan sekolah pemerintah Provinsi Buenos Aires yang setiap tahunnya mengadakan perayaan HUT RI yang dihadiri oleh seluruh murid dan pengajar. Uniknya, dalam beberapa tahun ini, "Escuela de la Republica de Indonesia" merayakan upacara peringatan HUT RI dengan pertunjukan angklung dan seluruh siswa mengenakan seragam batik. 

Bagi Argentina negara-negara ASEAN sangat penting karena secara ekonomi Argentina banyak mengekspor produk pertanian seperti kacang kedelai, jagung dan terigu ke negara-negara tersebut. Tahun ini Argentina akan menjadi negara pihak pada Traktat Persahabatan di Kerja Sama ASEAN (TAC). Keberadaan ASEAN di Argentina juga dirasakan masyarakat seperti terlihat dalam acara perayaan HUT ASEAN ke-50 di Buenos Aires. (p/ab)