Tanpa Messi, Argentina Tekuk Cile

By Admin

nusakini.com--Timnas Argentina menekuk Cile 2-1 di Grup D Copa America 2016, Selasa (7/6). Dua gol kemenangan Tim Tango dicetak Angel Di Maria dan Ever Banega, 

Sukses ini  mengantar Argentina ke puncak klasemen sementara Grup D Copa America 2016 dengan raihan 3 poin. Jumlah poin sama dengan Panama yang sebelumnya menang 2-1 atas Bolivia. 

Melawan Cile, Argentina yang tidak memainkan Lionel Messi  tampil dengan formasi 4-3-3. Peran Messi diperankan oleh Nicolas Gaitan. Dia bekerjasama dengan Gonzalo Higuain dan Angel Di Maria di lini serang. Sedang Cile mengandalkan trisula Eduardo Vargaz, Jean Beausejour, dan Alexis Sanchez. 

Argentina mengancam gawang Cile saat laga baru berusia tiga menit. Gaitan melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Namun, arah bola masih menyamping di sisi kiri gawang Cile yang dijaga oleh Claudio Bravo. 

Angel Di Maria dijatuhkan di kotak terlarang oleh Gary Medel pada menit ke-23. Namun, wasit Daniel Fedorczuk tak menunjuk titik putih dan hanya memberikan sepak pojok bagi Argentina. 

Peluang terbaik Cile pada babak pertama hadir pada menit ke-23. Beausejour mengirimkan umpan silang dari sisi kanan pertahanan Argentina. Namun, tembakan Vargaz masih menyamping di sisi kanan gawang. Skor imbang tanpa gol menutup jalannya laga babak pertama. 

Timnas Argentina bermain lebih aktif dalam menyerang pada babak pertama. Tim Tango kini mulai berani menyerang dari sisi tengah lapangan, tak lagi mengandalkan sisi sayap seperti pada babak pertama. 

Hasilnya, gol pertama Argentina lahir pada menit ke-51. Ever Banega berhasil merebut bola dari kaki Aranguiz. Dia kemudian mengirimkan umpan yang mampu dikonversi menjadi gol oleh Angel Di Maria. 

Delapan menit berselang, gol kedua Argentina lahir. Di Maria mengirimkan umpan terobosan kepada Banega. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dan membentur kaki bek Cile, Isla. Bola meluncur ke sisi kanan gawang dan gagal diselamatkan Bravo. 

Argentina seharusnya bisa mencetak gol ketiga pada menit ke-86. Namun, tandukan Marcos Rojo setelah memanfaatkan umpan silang Sergio Aguero masih menyamping di sisi kanan gawang.  

Cile berhasil memperkecil ketertinggalannya pada pengujung pertandingan. Pemain pengganti Jose Fuenzalida berhasil mencetak gol pada menit ke-93. Skor 2-1 bagi keunggulan Argentina menutup jalannya pertandingan. 

Pada pertandingan selanjutnya, timnas Argentina berhadapan melawan Panama di Soldier Field Stadium, Chicago, (10/6/2016). Adapun, Cile bersua Bolivia di Gillete Stadium. (b/ab)

Susunan Pemain: 

Argentina (4-3-3): 1-Sergio Romero; 13-Ramiro Funes Mori, 17-Nicolas Otamendi, 16-Marcus Rojo, 4-Gabriel Mercado; 19-Ever Banega, 14-Javvier Mascherano, 8-Augusto Fernandez; 9-Gonzalo Higuain (11-Sergio Aguero 74'), 7-Angel Di Maria (18-Erik Lamela 80'), 20-Nicolas Gaitan (5-Mattias Kranevitter 87'). 

Pelatih: Gerardo Martino 

Cile (4-3-3): 1-Claudio Bravo; 18-Gonzalo Jara, 17-Gary Medel, 2-Euginio Mena (19-Fabian Orellana 54'), 19-Fabian Orellana; 4-Mauricio Isla, 8-arturo Vidal, 20-Charles Aranguiz (6-Jose Fuenzalida 82'), 21-Marcelo Diaz; 11-Eduardo Vargas (9-Mauricio Pinilla 68'), 15-Jean Beausejour, 7-Alexis Sanchez. 

Pelatih: Jorge Sampaoli