Tanker Kedua, MT Lamiwuri Sandar di Di Donggala

By Admin


nusakini.com-Palu- MT Lamiwuri sudah tiba dan sandar di dermaga Terminal BBM Pertamina di Donggala, Sulawesi Tengah, Kamis (4/10). Ini adalah tanker kedua yang berhasil disandarkan di TBBM Donggala setelah MT Karmila. Kapal tanker ini membawa 3 juta liter BBM jenis avtur dan solar. Kedatangan MT Lamiwuri semakin memperkuat stok BBM untuk Palu dan sekitarnya. 

MT Lamiwuri merupakan bagian dari armada tanker yang dikerahkan untuk memasok BBM di wilayah yang terdampak gempa bumi dan tsunami pekan lalu. Empat tanker yang berlayar menuju Donggala membawa berbagai jenis BBM mencapai 11.2 juta liter direncanakan akan terus berdatangan pada hari ini Kamis (4/10) dan Jum'at (5/10). 

Sebelumnya dilaporkan bahwa Terminal BBM Donggala merupakan salah satu fasilitas Pertamina yang terkena dampak bencana alam gempa dan tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9). Pasca bencana, Pertamina memprioritaskan pengoperasian TBBM Donggala yang akhirnya berhasil dioperasikan secara terbatas pada Minggu (30/9). Untuk mengoptimalkan operasional TBBM Donggala, Pertamina telah mengirimkan tim dengan keahlian di bidang marine, suplai distribusi dan HSE untuk memeriksa dan melakukan langkah-langkah perbaikan.  

Untuk memperkuat penyaluran BBM di kota Palu, Donggala dan sekitarnya, Pertamina telah memberangkatkan bantuan melalu jalur darat, laut dan udara. Bantuan operasional yang dibawa antara lain 100 SPBU portable, truk pengangkut BBM beserta awak mobil tangki yang diberangkatkan dari Jakarta dan wilayah operasi di Sulawesi, truk tangki berdispenser (mobile dispenser), operator SPBU dari Kalimantan dan Sulawesi serta dukungan operasional lainnya.

Kapal tanker MT Karmila berhasil disandarkan dan melakukan bongkar muat BBM jenis Premium di Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). Kapal tanker ini membawa 1,2 juta liter BBM jenis Premium yang merupakan salah satu dari empat kapal tanker yang membawa BBM ke Palu. Empat tanker yang berlayar menuju Donggala membawa berbagai jenis BBM mencapai 11.2 juta liter direncanakan akan terus berdatangan pada hari ini Kamis (4/10) dan Jum'at (5/10).(p/ab)