Tampil Impresif, Crutchlow Juarai MotoGP Brno

By Admin

nusakini.com--Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, memperlihatkan aksi impresif saat memenangi balapan MotoGP Brno, Minggu (21/8). Aksi brilian juga diperlihatkan Valentino Rossi yang finis kedua pada balapan di Sirkuit Autodrom Brno. 

Sempat tercecer di luar 10 besar, keduanya memperlihatkan kematangan sebagai pebalap dengan menyalip satu per satu pebalap di depannya. Crutchlow akhirnya menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis dengan catatan waktu 47 menit 44,290 detik.

Dia unggul 7,298 detik dari Rossi. Sementara Marc Marquez harus puas berada di podium ketiga dengan selisih 9,587 detik dari sang juara. 

Balapan yang berlangsung di trek basah ini berjalan menarik. Sempat start dengan kurang baik, Marquez mampu mempertahankan posisi terdepan pada lap pertama. Dia diikuti Dovizioso dan Iannone yang tampil baik saat start. 

Nasib apes justru dialami Lorenzo dan Rossi. Keduanya harus terlempar ke luar 10 besar pada lap kedua setelah mengawali balapan dengan kurang baik. 

Pada lap ketiga, Marquez melorot ke posisi keempat. Dia disalip tiga pebalap Ducati sekaligus, yaitu Dovizioso, Iannone, dan Scott Redding (Pramac Ducati). 

Persaingan sengit pun terjadi antara ketiga pebalap Ducati tersebut dalam perebutan posisi terdepan. Sementara Marquez harus besaing dengan Hector Barbera, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales untuk posisi keempat. 

Sementara itu, Rossi yang sebelumnya sempat terpuruk ke posisi 13, mampu bangkit saat balapan menyisakan 14 lap. Pebalap Italia itu menyalip tiga pebalap sekaligus untuk menempati posisi ke-10. Sedangkan Lorenzo masih terpaku di posisi ke-15. 

Nasib sial menimpa Dovizioso lap ke-5. Dia mengalami masalah mesin saat hendak melewati tikungan pertama. Posisinya pun terus melorot hingga posisi ke-20. Pebalap Italia itu pun terpaksa masuk ke dalam pit untuk mengganti motornya. 

Aksi impresif diperlihatkan Crutchlow. Berawal dari posisi ke-13 pada awal balapan, dia mampu melesat ke posisi empat saat balapan tersisa 11 lap! Pebalap terakhir yang berhasil disalip jagoan Italia tersebut adalah Marquez. Selain Crutchlow, aksi Rossi juga patut diacungi jempol. Perlahan tapi pasti dia masuk ke jajaran pebalap yang berada di posisi enam besar. 

Saat balapan tersisa tujuh lap, Crutchlow menjadi pemimpin balapan. Dia menyalip Iannone yang selalu berada di depan sejak awal balapan, pada tikungan ke-12. 

Pada lap yang sama, Lorenzo harus masuk ke dalam pit untuk mengganti motornya. Bahkan, dia harus dua kali masuk ke dalam pit. Akibatnya pebalap asal Spanyol itu terus melorot hingga posisi 17. 

Berbeda dengan Lorenzo, Rossi terus memperlihatkan kematangannya sebagai seorang pebalap. Pada lap ke-17, The Doctor mampu menyalip Marquez dan Barbera untuk menempati posisi ketiga. Tak lama berselang, dia sukses menyalip Iannone untuk menempati posisi kedua.

Dua lap jelang balapan berakhir, Marquez mampu menyalip Iannone untuk berada di posisi ketiga. Tak lama berselang, Iannone turun ke posisi enam setelah disalip Barbera dan Loris Baz. 

Crutchlow menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis. Diikuti Rossi yang terpaut jauh dari pebalap asal Inggris itu. Sementara Marquez mampu menyelesaikan balapan pada posisi ketiga. (b/ab)