Talkshow UMKM Ajak Pelaku Usaha Meraih Berkah

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Rangkaian Kegiatan Kemilau Ramadan bersama Brightgas yang diselenggarakan PT PERTAMINA ( Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII di Area Parkir Gedung Mulo pada hari ini telah memasuki minggu ketiga, kegiatan ini direncanakan akan tetap berlangsung sampai dengan tanggal 2 Juni 2019.

Dengan hadirnya 56 pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang turut serta meramaikan area pasar Ramadhan ini menunjukkan pertumbuhan UMKM, khususnya di bidang kuliner yang terus meningkat setiap tahunnya. Namun, dari sebagian besar pelaku UMKM tersebut masih menggunakan pola pemasaran konvensional, promosi dari mulut ke mulut dan toko atau gerai offline.

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, Hatim Ilwan menyampaikan, saat ini pertumbuhan UMKM sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. "Di Indonesia selama sepuluh tahun terakhir pertumbuhan ekonomi mencapai sekitar 5,4%, dan Provinsi Sulawesi Selatan tumbuh 7,2%, sementara khusus di Kota Makassar pertumbuhannya mencapai 5,4%, ini tidak terlepas dari peran serta dan dukungan para pelaku UMKM yang hadir di sini," ujar Hatim. 

Kali ini Program Kemilau Ramadan bersama Brightgas mengadakan Talkshow yang bertemakan 'Kiat Sukses Usaha Kuliner dengan Marketing 4.0' yang dilaksanakan pada hari Minggu (26/05). Kegiatan Talkshow ini sebagai salah satu bentuk apresiasi dari Pertamina kepada pelaku UMKM dan pengunjung yang hadir pada pasar ramadan, sebagai inspirasi dan wawasan baru untuk mereka yang berkecimpung di bidang kuliner.

Rosiyanti, Spd, founder dari Rumah Makan dan Catering Bu Dedeh, sebagai salah satu pelaku usaha kuliner catering yang berhasil meningkatkan omzet usahanya sebesar 118% dengan mengoptimalkan saluran di salah satu e-commerce dalam mengembangkan usahanya menjadi salah satu narasumber dalam talkshow ini. "Kesempatan untuk berbagi tips kepada sesama pelaku UMKM bidang kuliner akan memberikan manfaat bagi pengembangan usaha rekan-rekan seprofesi dan berujung pada semakin beragamnya jenis usaha kuliner di Kota Makassar ke depannya," ujar Rosi.

Selain itu juga akan hadir sebagai narasumber perwakilan dari pelaku UMKM Milenial yang sukses dengan usaha kulinernya di Kota Makassar. "Semangat untuk hijrah meraih berkah dalam konteks meningkatkan omzet usaha dengan strategi pemasaran yang dibagikan dalam talkshow Kemilau Ramadan bersama Brightgas ini, semoga dapat memberikan nilai tambah bagi pelaku UMKM dan pengunjung yang hadir pada sore ini," tutup Hatim.(R/Rajendra)