Tak Perlu Khawatirkan Hadirnya Pabrikan Otomotif Baru

By Admin

nusakini.com--Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Industri Johnny Darmawan menilai kehadiran pabrikan otomotif asal China membuat iklim kompetisi di pasar otomotif Tanah Air semakin meningkat. Akan tetapi, hadirnya perusahaan seperti Wuling Motors dan DongFeng Sokon (DFSK) tidak perlu dikhawatirkan para Agen Pemegang Merek (APM) yang telah hadir lebih awal. 

"Keberhasilan industri otomotif tidak hanya dilihat dalam jangka waktu pendek. Contohnya, mobil Hyunday yang dapat dikatakan sebagai pemain baru, tetap saja masih kalah bersaing dengan pemain-pemain lama. 

Menurut Johnny, ekspansi yang dilakukan pabrikan asal China merupakan ekspresi dari target mereka untuk go internasional sekaligus menjadi produsen utama global. Data global juga menunjukkan bahwa pabrikan asalah China sudah menjadi pemain utama bidang otomotif di sejumlah negara dunia. 

"Saya tegaskan, kondisi ini tidak perlu ditakuti berlebihan oleh pelaku industri otomotif nasional. Industri otomotif Indonesia tidak hanya dilihat dari pengembangan industri, juga dari networking dan after sales mereka," ujar Johnny. 

Dia berpendapat, dengan masuknya kedua pemain baru tersebut, masyarakat dan pemerintah diuntungkan. Masyarakat beruntung karena banyak pilihan. Sementara, bagi pemerintah akan untuk karena investasinya besar. (p/ab)