Tak Hanya Proyek Besar, Kementerian PUPR Juga Bangun Infrastruktur Padat Karya

By Admin

nusakini.com-- Pembangunan infrastruktur menjadi fokus Pemerintah untuk meningkatkan peringkat daya saing Indonesia di dunia. Disamping proyek infrastruktur besar, pemerintah juga memberikan perhatiannya dalam pembangunan proyek infrastruktur skala kecil menengah yang bersifat padat karya. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan Kementerian PUPR juga menaruh perhatian besar pada proyek skala kecil menengah yang bersifat padat karya karena proyek seperti itu langsung dapat dirasakan dampaknya oleh rakyat kecil. 

"Kami melihatnya pemerintah tidak hanya mengerjakan proyek yang besar, tapi kita juga memikirkan yang padat karya, kalau yang di PUPR misalnya penyediaan air minum berbasis masyarakat (Pamsimas), sanitasi berbasis masyarakat (sanimas) dan irigasi," jelas Menteri Basuki usai pembukaan Jakarta Infrastructure Week dan Konstruksi Indonesia di Senayan, Jakarta.

Ia menyatakan saat ini juga terdapat 300 lokasi daerah irigasi kecil yang langsung melibatkan perkumpulan petani pemakai air (P3A), untuk meningkatkan partisipasi petani sekaligus memberikan keuntungan finansial dari pengelolaan tersebut. 

"Ada 300 lokasi daerah irigasi kecil yang dikerjakan P3A sendiri, itu padat karya sehingga uangnya langsung ke petani. Masing-masing dari 300 lokasi ada anggaran Rp 600 milyar yang kita alokasikan," terangnya. 

Kementerian PUPR pada tahun ini akan membangun Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di 753 lokasi dan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS-3R) di 180 lokasi yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. 

Dalam pembangunan Sanimas dan TPS-3R, masyarakat berperan langsung dalam pembangunannya, sementara pemerintah memfasilitasi serta memberikan pendampingan pelaksanaan kegiatan. Beberapa kegiatan pembangunan Sanimas diantaranya seperti pembangunan prasarana Mandi Cuci Kakus (MCK), Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kombinasi dengan MCK dan Sambungan Rumah (SR). 

Selain Sanimas, juga akan dibangun Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas III) di 15.000 desa baru yang berada di 365 kabupaten dan 33 provinsi pada periode 2016-2019.(p/ab)