Tak Akan Ada Patrick Vieira Yang Lain

By Admin


nusakini.com - Legenda Arsenal, Thierry Henry menegaskan bahwa mantan rekan setimnya di Arsenal dan tim nasional Prancis Patrick Vieira adalah jenis pemain yang unik.

Setelah mengawali karier yang mengecewakan di AC Milan, Vieira kemudian tiba di Highbury pada Agustus 1996 dan berkembang menjadi salah satu gelandang terbaik di generasinya sebelum mengumumkan pengunduran dirinya dari lapangan hijau di tahun 2011.

Gelandang yang kuat, ulet dan secara teknis cerdik mampu tampil sebagai pelindung di depan empat bek atau bermain sebagai gelandang box-to-box, Vieira berperan penting dalam masa sukses bagi The Gunners dan Henry telah mengakui dampak sahabatnya itu

“Anda tidak bisa memiliki Vieira yang lain, itu mudah saja saya katakan,” kata Henry kepada FIFA TV. 

“Saya tidak ingat pernah bermain dengan atau melihat seorang pria yang bisa bermain sendiri di lini tengah, mendapatkan bola kembali, memberi Anda assist dan mencetak gol.” 

“Melaju melewati lini lawan seperti mereka tidak ada di sana.”

Meskipun sempat memenangkan empat gelar Serie A berturut-turut dengan Inter Milan antara 2006 hingga 2010, dapat dikatakan bahwa periode paling sukses Vieira selama kariernya terjadi selama delapan tahun di London utara di mana ia memenangkan Liga Primer dan juga Piala FA pada tiga kesempatan berbeda.

Saat ini Vieira adalah manajer di salah satu klub MLS New York City. Ia juga telah dianggap sebagai calon potensial pengganti Arsene Wenger di Arsenal pada masa depan. (sb/om)