nusakini.com - Waktu kecil, ketika ditanya, “pas gede ntar mau jadi apa?”, pasti beberapa di antara kalian ada yang kepengen buat jadi pilot. Gak cuman jadi dokter atau polisi, profesi jadi pilot itu seperti pekerjaan yang menyenangkan karena bisa nerbangin pesawat. Yaiyalah gan, gak semua orang bisa nerbangin pesawat dan keliling dunia! Nilai tambah lainnya, kebanyakan pilot itu tampil keren dan ganteng-ganteng gan!

Nah, siapa sangka beberapa artis dunia di bawah ini, pernah ngambil sekolah penerbangan alias punya lisensi sebagai pilot gan. Hmmm…Penasaran? Yuk cekidot aja langsung gan sis!

  • Tom Cruise


Beberapa di antara agan sista mungkin tahu dengan salah satu film paling hits di tahun 1986, yang berjudul TOP GUN. Nah, film yang diperanin sama Tom Cruise ini, gak cuman menginspirasi banyak orang buat menjadi pilot angkatan udara, tapi ternyata juga menginspirasi pemeran utamanya untuk jadi pilot juga gan!

Yap, actor ganteng yang kini menginjak usia 54 tahun ini ternyata udah memiliki lisensi pilot dari 1994! Ngeliat pengalamannya main film Top menunjukkan banyak scene di belakang kursi pesawat Grumman F-14 Tomcat, membuat mantan suami Katie Holmie akhirnya memiliki lima pesawat jet sekaligus. Salah satunya adalah Gulfstream IV yang memiliki kualifikasi jangkauan maksimum 7.820 kilometer dan kecepatan 850 km per jam. 

  • Harisson Ford


Pemeran Han Solo, pilot salah satu pesawat legenda Millenium Falcon di film STAR WARS, Harisson Ford, ternyata tanpa diduga juga memiliki lisensi pilot sejak berusia 53 tahun gan sis! Dia belajar mengendalikan Cessna 182. Setelah itu, karena minatnya terhadap penerbangan akibat perannya di film Six Days, Seven Nights, Ford pun membeli Cessna sendiri.

  • John Travolta


Seleb dunia yang namanya populer di film PULP FICTION ini, ternyata juga salah seorang pilot. Gak heran sih gan, soalnya John Travolta dari kecil udah punya cita-cita jadi pilot. Dia pun mendapatkan lisensi pilot sejak umur 22 tahun. Sekarang, aktor 62 tahun ini enak dan nyaman terbang dengan jet pribadi mewahnya, Boeing 707-138B. Nama jet ini adalah Jet Clipper Johnny.

  • Morgan Freeman


Pemeran Tuhan dalam film Bruce Almighty ini, pas waktu muda adalah seorang mekanik pesawat tempur Angkatan Udara Amerika Serikat gan. Selanjutnya dia menjalani pelatihan sebagai pilot pesawat tempur. Namun karena aktivitas di dunia akting menyita perhatiannya, Freeman tak kunjung memegang lisensi menjadi pilot. Tapi pada saat usianya 65 tahun, Freeman yang kini berumur 78 tahun, akhirnya mendapat lisensi tersebut. Freeman juga punya pesawat jet pribadi, yakni Cessna Citation 501, Cessna 414 twin dan SyberJet SJ30. 

  • Angelina Jolie


Gak cuman seleb cowok aja nih yang punya lisensi pilot, artis cantik satu ini juga ternyata punya lisensi buat mengemudikan pesawat terbang gan! Seleb yang belum lama ini memutuskan untuk berpisah dengan suaminya, Brad Pitt, telah memegang lisensi pilot pribadi atau swasta sejak tahun 2004. Jolie juga menjanjikan anaknya Maddox untuk bisa belajar terbang. Pesawat yang dikendalikan Jolie adalah jenis Cirrus SR22.

Itulah dia beberapa seleb dunia yang punya lisensi jadi pilot. Gimana nih dengan agan sista? Kepengen jadi pilot juga? (k/om)