Tahapan Pengundian Nomor, Mendagri Minta Ketiga Paslon Gubernur dan Wagub DKI Hadir

By Admin

nusakini.com--Sesuai dengan agenda Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait dengan pengambilan nomor undian bagi ketiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada esok hari, Selasa (25/10), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta agar ketiga paslon hadir. 

Sebelumnya, KPUD DKI  telah menetapkan tiga pasangan calon Gubernur DKI untuk berlaga di Pilgub DKI 2017 yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. "Ketiga pasangan ini semua punya kesempatan hak dipilih," pungkasnya. 

Pasalnya hari ini pasangan Ahok-Djarot tidak menghadiri sidang pleno penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Balai Sudirman DKI Jakarta. 

"Ya saya kira hari ini KPU sudah melaksanakan aturan sesuai peraturan KPU, besok jadwal nomor undian, saya harapkan yang enggak hadir hari ini seperti Pak Ahok-Djarot besok hadir," kata Tjahjo di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (24/10). 

Menurut dia, ketiga paslon ini mempunyai kesempatan yang sama dimana masyarakat DKI Jakarta mempunyai hak memilih untuk memimpin DKI Jakarta dengan baik. 

Untuk pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, nanti akan diberitahu ketika serah terima pada Rabu, 26 Oktober 2016. 

“Pertimbangannya adalah eselon I yang mempunyai jejak rekam baik selama ini dan sudah berpengalaman,” ungkap Mendagri. 

Pemahaman ini menurut Tjahjo seperti pemahaman mengenai otonomi, memahami mengenai keuangan daerah, mengenai kesekretariatan daerah. 

Sehingga menurut Tjahjo tugas Plt dapat melaksanakan Pilkada DKI dengan sukses dan aman, mengelola tata kelola DKI harus berjalan dengan baik, serta hubungan antara pusat dan DKI Jakarta. 

“Semua ini dalam rangka melaksanakan optimalisasi penyerapan anggaran dan program kerja berjalan dengan baik,” tutup Tjahjo.(p/ab)