Survei Rectoveso: Jokowi-Ma’ruf Sudah Unggul dari Prabowo-Sandi di Jawa Barat

By Admin


nusakini.com - Bandung - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin menang tipis dari pasangan Capres-Caapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 di Jawa Barat (Jabar). 

Hal ini diungkap dari hasil survei yang dilakukan Rectoverso Institut pada 15-25 Maret terhadap 7.500 responden di Jabar. 

Direktur Rectoverso Institute Romdin Azhar mengatakan surveinya terbaru ini menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf mencapai 48,96 persen. Dengan angka itu, Jokowi-Ma’ruf unggul sekitar 2,15 persen dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang meraih 46,81 persen. 

Menurut Romdin, responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 4,23 persen. 

“Margin of error 4,47 persen,” ujar Romdin kepada wartawan di Bandung, Senin (1/4).

Pasangan nomor urut 01 tersebut unggul di 15 kabupaten/kota di Jawa Barat seperti di Kota Bandung, Cimahi, Bogor, Bekasi, dan Cirebon. 

Sedangkan pasangan nomor 02, kata dia, unggul di 12 daerah seperti di Kabupaten Bandung Barat, Cianjur, Purwakarta, Kuningan, Tasikmalaya, dan Garut.

Menurutnya, kemenangan Joko Widodo-Maruf Amin ini tidak terlepas dari kinerja calon presiden tersebut. Berdasarkan hasil surveinya, kata Romdin, sekitar 72 persen responden merasa puas dengan kinerja Joko Widodo selama memimpin lima tahun terakhir ini. 

“Yang menilai buruk hanya 22,55 persen, sangat buruk 1,96 persen," katanya.

Namun, Romdin mengakui kepuasan ini tidak signifikan menurut persepsi responden. Dari sisi ekonomi, yang puas 58 persen dan yang tidak puas 42 persen. Sedangkan dari sisi politik, hanya 60 persen yang menilai baik. "Sisanya 40 persen menilai buruk," pungkasnya. 

Seperti diketahui, Jabar merupakan daerah dengan jumlah pemilih terbesar dan pada Pilpres 2014 lalu wilayah inj merupakan lumbung suara Prabowo. (b/ma)