Survei LSI: Pasangan Jokowi-Ma’ruf Unggul Jauh Dibanding Prabowo-Sandiaga Uno

By Admin


nusakini.com - JAKARTA - Survei terkait elektabilitas pasangan calon presiden-calon wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dirilis Lingkaran Survei Indikator (LSI) Denny JA. Dalam survei tersebut pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin jauh mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.  

Peneliti senior LSI Denny JA Adjie Alfarabi mengungkapkan, Jokowi-Ma'ruf dipilih oleh 52,2 persen responden, sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandiaga 29,5 Persen. Adapun responden yang tidak menjawab mencapai 18,3 persen. 

"Jokowi telah mencapai magic number di atas 50 persen," ujar Adjie, Selasa (21/8/2018)

Dari enam kantong pemilih yang dianggap penting, Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di lima kantong pemilih. Sementara Prabowo-Sandiaga Uno hanya unggul di satu kantong pemilih. Jokowi-Ma'ruf unggul pada pemilih Muslim, pemilih non-Muslim, masyarakat ekonomi rendah, perempuan, dan milenial. 

Sementara itu, Prabowo-Sandiaga Uno hanya unggul di kantong pemilih kaum terpelajar. Meski hanya unggul di satu kantong pemilih, Prabowo-Sandiaga dinilai masih punya peluang untuk menaikkan elektabilitas. Sebab, Prabowo-Sandiaga unggul pada kantong kaum terpelajar yang dinilai penting karena bisa menjadi pengiring opini. 

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 12-19 Agustus 2018. Metode yang digunakan multistage random sampling di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner kepada responden sebanyak 1.200 orang. Adapun margin of error survei LSI Denny JA tersebut 2,9 persen. (b/ma)