Survei LSI Denny JA: 58,7 Persen Pemilih Ikuti Imbauan Ulama untuk Pilih Jokowi

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis temuan terbaru survei nasional bulan November terkait 'Ulama dan Efek Elektoralnya'. Hasilnya 51,7% pemilih menyatakan bahwa mereka mendengar imbauan dari tokoh agama seperti ulama, pastor dan biksu.

Menurut LSI, dari 51,7 persen pemilih yang mendengarkan ulama, sebanyak 58,7 % memilih pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, sementara 29,3% memilih Prabowo Subianto- Sandi Uno.

"Sementara bagi pemilih yang lebih mendengarkan profesi lain selain ulama, sebanyak 57,3% memilih Jokowi, 31,6% memilih Prabowo," kata peneliti LSI Denny JA, Ikrama di Kantor LSI, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).

Sementara itu terdapat lima ulama yang paling didengar imbauannya oleh masyarakat, yakni Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dan Rizieq Syihab.

Ikrama menjelaskan, dari mereka yang menyatakan mendengar imbauan Ustaz Abdul Somad (30,2%), sebesar 54,3% menyatakan akan memilih Prabowo-Sandi, sebesar 38,6% menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Sementara dari pemilih yang mendengar imbauan Ustaz Arifin Ilham (25,9%), sebesar 48.7% menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf. Dan sebesar 45,7% menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Sandi.

Untuk pemilih yang mendengar imbauan Ustaz Yusuf Mansur (24,9%), sebesar 49,0% menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf, dan sebesar 44,4% menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Sandi. Kemudian bagi pemilih yang menyatakan mendengar imbauan Aa Gym (23,5%), sebesar 49,2% menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf, dan 46,2% akan memilih pasangan Prabowo-Sandi.

Di segmen pemilih yang menyatakan imbauan Habib Rizieq berpengaruh (17,0%), sebesar 63,0% menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Sandi, dan hanya sebesar 31,5% yang menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Dari kelima tokoh agama tersebut, Jokowi-Ma'ruf unggul di pemilih yang menyatakan mendengar imbauan ustaz Arifin Ilham, ustaz Yusuf Mansur dan ustaz Aa Gym. Sementara Prabowo-Sandi unggul di pemilih yang menyatakan bahwa imbauan ustaz Abdul Somad dan Habib Rizieq Syihab berpengaruh," terang Ikrama

LSI Denny JA melakukan survei nasional di 34 Provinsi dengan melibatkan 1200 responden dengan margin of error sebesar 2,8%. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner terhadap responden yang terpilih melalui metode multistage random sampling (b/ma)