Surabaya Punya Mobil Keliling Kecamatan, Pencetakan KTP-el Lebih Cepat

By Admin

nusakini.com--Inovasi layanan kembali dihadirkan Pemerintah Kota Surabaya. Melalui mobil keliling, Dinas Dukcapil melakukan layanan jemput bola pencetakan KTP-el menyisir seluruh kecamatan se-Surabaya.  

“Layanan keliling KTP-el menggunakan mobil keliling yang disediakan Pemerintah Kota Surabaya. Setiap mobil melayani ke kecamatan-kecamatan se-Surabaya secara bergilir. Satu hari satu kecamatan”, jelas Kepala Dinas Dukcapil Kota Surabaya Moh. Suharto Wardoyo melalui keterangan tertulis,kemarin. 

Dimulai dari Kecamatan Bubutan pada tanggal 2 April lalu dan akan berakhir di Kecamatan Lakarsantri pada 16 Mei mendatang.  

“Dari 31 kecamatan, kami sudah melayani di 21 kecamatan pada April lalu. Sisanya di bulan Mei ini 10 kecamatan. Nah, masih ada 6 kecamatan yang akan kami layani di bulan ini”, lanjut Anang, sapaan akrab Suharto.  

Namun, Anang menjelaskan bahwa tidak semua penduduk bisa dilayani. “Kami hanya melayani warga yang datanya sudah print ready record (PRR) dalam database nasional”, katanya.  

Hal ini menurutnya dikarenakan masih ada penduduk yang data KTP-elnya bermasalah. Misalnya belum diverifikasi ketunggalannya, dan data status ganda karena merekam lebih dari satu kali. Selain itu, ada data anomali yang secara sistem ditemukan ketidakwajaran.  

Penambahan layanan mobil keliling bertujuan memaksimalkan jumlah KTP-el yang dicetak setiap harinya. Pelayanan tersebut juga bisa mempermudah masyarakat yang saat ini belum mendapatkan KTP-el.  

“Pelayanan dibuka pukul 09.00 sampai 14.00 WIB. Silakan datangi kecamatan sesuai jadwal yang ada”, tutup Anang.(p/ab)