Suplai Beras Pasar Induk Cipinang Meningkat dari 1.000 jadi 5.000 ton

By Admin

nusakini.com--Direktur Food Station Arief Prasetyo mengatakan bahwa saat ini stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) masih menggunakan beras lokal, beras impor belum ada masuk ke Cipinang. 

Arief berharap panen saat ini yang sedang berlangsung berjalan lancar. "Saya sudah melihat panen di Demak, Kudus,Karanganyar, Banyuasin. Bahkan semua Jawa Tengah sedang panen, dan memang hasil panenannya lebih banyak mengisi gudang daerah setempat," urai Arief.

Pada Senin (12/2), beras masuk ke Cipinang sebanyak 5.000 ton yang sebelumnya 1.000 ton, artinya berangsur ada peningkatan. Beras dari panen raya petani di Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mulai masuk ke pasar lokal, baik pasar di Karawang maupun ke PIBC. Kini sudah waktunya mengisi pasar dan gudang-gudang dari hasil panen raya padi.

Sehari sebelumnya Eks Menteri Pertanian Bungaran Saragih angkat bicara mengenai anjloknya harga gabah petani yang belum sebanding dengan penurunan harga beras di pasaran. Padahal, beras impor 500 ribu ton dari negara tetangga belum masuk.

“Problem harga ini dipengaruhi dua kekuatan. Pertama, kekuatan pengaruh impor beras yang sudah mau dan akan masuk. Kedua, pengaruh daripada panen raya. Jadi kala panen naik dan impor masuk, harga beras dan padi (gabah) turun. Jadi ini soal timing saja,” kata Bungaran kemarin.

“Namanya pedagang kan pasti hitung untung rugi. Makanya kita jangan andalkan pedagang, tapi pemerintah masuk ke dalamnya. Bulog ini walau sendirian dengan stok di bawah 10 persen saja sebenarnya sudah bisa berpengaruh ke harga,” katanya.

Cara pedagang yang menunggu timing ini pula, yang menurutnya, menjadi penyebab gabah anjlok sementara disisi lain harga beras penurunannya tidak terlalu signifikan.

“Gabah ini juga kan tidak langsung masuk ke konsumen, harus diubah dulu jadi beras, kemudian dibawa ke kota. Nah ini kan butuh waktu. Belum jadi suplai di level konsumen, tapi impornya sudah mau masuk. Nanti ini pengaruhnya di petani. Gabah turun, harga beras turun, kalau panen sudah sempurna dan impor sudah masuk. Jadi soal timing saja dimana kecenderungannya nanti akan merugikan petani,” katanya.

Akibatnya, petani sudah pasti tidak bisa lagi harapkan harga yang ideal karena impor sudah masuk dan produksi dalam negeri melimpah, mengingat Februari-Maret ini akan ada panen raya. Karena itu, untuk antisipasi harga gabah petani jatuh lebih dalam lagi, Bulog harus segera melakukan pembelian. Di samping menjaga harga pembelian di tingkat petani, juga menjadi momentum bagi Bulog untuk segera mengisi stoknya yang yang makin menipis.

“Supaya harga petani jangan turun, Bulog harus bermain cepat melakukan pembelian. Coba lihat datanya di wilayah mana saja yang segera panen bersiap di situ. Apalagi masalahnya ini kan ada juga musim hujan, sewaktu panen tidak ada matahari, sementara alat pengering sangat terbatas. Ini juga sangat berpengaruh bagi petani,” katanya.

Selain itu, ia menyarankan ada baiknya Bulog untuk melakukan evaluasi terhadap target impornya yang sebelumnya mencapai 500 ribu ton, mengingat harga di level petani sudah turun, tinggal Bulog bagaimana untuk meresponnya. “Jadi Bulog laksanakan saja tugasnya,” katanya.

Mengenai target serap gabah 4,4 juta ton dari petani hingga Juli nanti, Bungaran optimis hal itu bisa tercapai. Hal ini dikarenakan, sekarang sudah banyak wilayah yang panen dan harga turun. “Ini bukan persoalan sulit atau mudah. Tapi sudah menjadi tugasnya Bulog. Kalau ada kesulitan pasti akan ada kesulitan. Selesaikan saja kesulitan itu. Jadi jangan cenderung mengimpor,” tambahnya. 

Sebagaimana diketahui, Petani di wilayah Jawa Tengah menjerit akibat harga gabah anjlok hingga Rp 3.800 per kilogram. Sayangnya, Bulog belum banyak lakukan aktivitas pembelian gabah sebagai upaya perkuat beras cadangan pemerintah yang juga ikut anjlok. "Harga gabah sekarang turun Rp 3.800 per kilogram. Turunnya harga gabah ini merata di seluruh wilayah Grobogan," jelas Kastuari, petani di Desa Menduran, Kec. Brati, Kab. Grobogan.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementan, Suwandi mengatakan. “Beras panen raya Jawa Tengah dan Jawa Timur kini sudah mulai masuk ke pasar lokal maupun antar provinsi”.

Suwandi menambahkan. “Untuk diketahui panen pada Februari ini di Jawa Tengah seluas 335 ribu hektar dan di Jawa Timur 235 ribu hektar. Secara nasional total panen Februari 1,65 juta hektar dan puncak panen raya pada Maret mencapai 2,25 juta hektar” jelasnya. 

Menanggapi belum maksimalnya beras yang masuk ke PIBC, pedagang beras Pasar Cipinang Billy menilai belum stabilnya pasokan beras ke Cipinang lebih di karenakan daerah-daerah yang panen raya mengisi pasarnya sendiri dulu.  

“Inikan untuk isi daerah sendiri. Misalnya Kab Sragen, tempat saya. Itu untuk isi pasar Solo sekitarnya. Panen rayanya juga inikan nanti masuk akhir-akhir Februari dan awal Maret ini. Tapi mudah-mudahan cuaca bagus. Jenuh juga kita harga tinggi terus. Modal gede untung kecil. Tiap hari juga satgas ngecek gudang-gudang kita,” jelasnya. (k/ab)