Sukses Digelar Kembali, Communivation Makassar Digital Valley Mengangkat Topik Bertajuk Inovasi Jurnalistik di Era Digital

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Setelah rutin diselenggarakan sejak bulan Mei lalu, salah satu program dari Makassar Digital Valley melalui meetup bulanan berbagi dan belajar bersama inovator yakni Communivation kembali berlangsung di bulan ini mengangkat tema yang bertajuk "Innovation in News Media : Technology As An Enabler For Better Journalism". Acara Communivation ke-6 yang diselenggarakan ini dilaksanakan di Indicafe, Jl. A.P. Pettarani No.2 pada tanggal 23 November 2019, pukul 16.00 – 18.00 WITA.

Sesuai dengan topik yang diangkat pada Communivation hari ini (23/11) seputar inovasi dalam media berita melalui teknologi, para speaker yang berbagi di acara Communivation hari ini yakni, Bapak H Syamsu Rizal MI (Wakil Walikota Makassar Periode 2014-2019, Ketua PMI Kota Makassar sekaligus Pakar Komunikasi), Bapak Arianto Burhan Makka (Wakil Ketua Umum HIPMI Sulsel, Ketua Garda Nusantara Sulsel), Fachri Djaman (Redaktur/Editor Makassar Terkini) dan Ibu Marwah Juwita Yusuf (News Anchor TVRI). Adapun moderator yang memandu acara hari ini adalah Sudirman Jusman (Program Manager Gerakan Nasional 1000 Startup Digital).

Wakil Walikota Makassar Periode 2014-2019 yang juga merupakan Ketua PMI kota Makassar dan juga Pakar Komunikasi, Bapak H Syamsu Rizal MI yang akrab disapa Daeng Ical menekankan pentingnya skill yang mumpuni bagi para jurnalis untuk menyaring informasi karena saat ini kita sudah kebanjiran banyak sekali informasi. 

"Menjadi sebuah tantangan dalam dunia jurnalistik bagaimana menyajikan informasi yang relevan bagi para pembaca. Tantangan lainnya adalah bagaimana menghasilkan berita yang jauh dari hoax karena saat ini kita telah kebanjiran banyak sekali informasi. Oleh karena itu diperlukan skill yang mumpuni bagi para jurnalis untuk menyaring berita yang tepat agar bisa menghasilkan berita yang bermanfaat bagi para pembacanya", terangnya saat berbagi insight jurnalistik di hadapan para peserta Communivation hari ini (23/11).

 Lebih lanjut ditambahkan oleh Bapak Arianto Burhan Makka selaku Wakil Ketua HIPMI Sulsel sekaligus Ketua Garda Nusantara Sulsel yang berbagi seputar pemanfaatan media saat ini bagi para Pengusaha karena media digital saat ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

 Ibu Marwah Juwita Yusuf yang merupakan News Anchor TVRI juga menjelaskan bahwa Televisi hanya bisa terus berinovasi, namun kita sebagai warga masyarakat mempunyai tanggung jawab untuk memilah berita yang menjadi konsumsi kita. Jadi kita perlu bijak terhadap berita yang kita konsumsi.

Peserta Communivation kali ini, dihadiri oleh member Makassar Digital Valley, mahasiswa, karyawan dan masyarakat umum yang merupakan pelanggan Telkomsel, Indihome dan LinkAja. 

Ibu S. Ariyani selaku General Manager Makassar Digital Valley menyampaikan apresiasi kepada para pembicara yang telah berbagi pengetahuan dan juga pengalamannya hari ini seputar jurnalistik yang mendalam. Semoga event Communivation ini selalu menjadi wadah untuk semua kalangan berbagi seputar inovasi agar bisa menambah pengetahuan dan informasi yang positif.(R/Rajendra)