Sudin Nakertrans Jakut Cari 700 Calon Wirausaha Baru

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Jakarta Utara, akan menggelar pendaftaran tenaga kerja mandiri atau kewirausahaan mulai 17 hingga 22 Januari mendatang. Ditargetkan, pendaftaran bisa menyerap 700 peserta untuk dididik menjadi pengusaha yang mandiri. 

Kepala Suku Dinas Nakertrans Jakarta Utara, Dwi Untoro mengatakan, program tersebut dilakukan sebagai realisasi visi-misi Gubernur Anies Baswedan dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

"Kami buka pelatihan untuk tiga bidang usaha yaitu, jasa servis AC, pembuatan kue basah dan kering, serta salon kecantikan. Pendaftaran dibuka selama lima hari," ujarnya, Jumat (11/1). 

Dijelaskan Dwi, persayaratan untuk bisa mengikuti pelatihan yakni berdomisili di Jakarta Utara, usia maksimal 35 tahun, tidak mendaftar lebih dari satu instansi, dan belum pernah mendaftar sebagai peserta program OK OCE. 

Kemudian, secara administratif peserta harus melampirkan tiga lembar foto kopi e-KTP, tiga lembar foto kopi Kartu Keluarga, tiga lembar foto kopi ijazah terakhir, empat lembar pas foto berukuran 3x4, Surat Keterangan Sehat, dan mengisi formulir pendaftaran. 

Selain diberi materi pelatihan, pendaftar yang lolos seleksi juga akan diberikan bantuan perizinan, permodalan dan pemasaran, sesuai tahapan P1-P7. Direncanakan, pelatihan digelar secara bertahap dalam tiga kelas mulai Februari atau Maret mendatang. 

"Kita siapkan tim pendamping bagi peserta, pasca pelatihan. Bagi yang minat silakan daftarkan diri ke kantor kita," tandasnya.(p/ab)