Sudin Dukcapil Jakut Siapkan Kadoku Indah 5 in 1 Untuk Calon Pengantin

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Dukcapil sosialisasi Kadoku Indah 5 in 1 di Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (18/9). 

Program Kadoku Indah 5 in 1 ini adalah upaya Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dalam mempermudah calon pengantin untuk memperoleh dokumen kependudukan. 

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Junaedi mengatakan ini merupakan sebuah inovasi baru yang dilakukan oleh Sudin Dukcapil Jakarta Utara. "Kita memberikan kado kepada pasangan yang baru nikah. Bukan dalam bentuk materi seperti mobil atau kulkas tapi kado dalam bentuk kelengkapan administrasi," katanya. 

Dalam paket Kadoku Indah 5 in 1, Junaedi menambahkan selain buku nikah pasangan pengantin diberikan KTP dan KK baru. "KTP buat pengantin, KK baru buat pengantin dan KK bari buat keluarga pengantin," ucapnya. 

Kedepannya, Junaedi berharap agar program bisa segera diterapkan di seluruh wilayah di Jakarta Utara. "Sehingga tidak ada lagi pengantin baru yang kesulitan saat mengurus dokumen kependudukan," tuturnya. 

Sementara Kepala Seksi Pendaftaran Penduduk Sudin Dukcapil Jakarta Utara Sri Supriantoro menambahkan jika Kadoku Indah 5 in 1 salah satu upaya mempermudah pengupdatean data kependudukan. "Setelah menikah mereka disibukan dengan bulan madu atau segala macam lainnya dan akhirnya lupa akan melaporkan perubahan statusnya," katanya.(p/ab)