Suasana Serba Batik Saat Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Belanda Mark Rutte

By Abdi Satria


nusakini.com-Bogor-Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte dan rombongan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10) siang, berlangsung dalam suasana cair. Rombongan tamu negara maupun tim tuan rumah seluruhnya mengenakan busana kemeja batik. Tidak terkecuali dengan Presiden Jokowi dan PM Mark Rutte.

Tiba sekitar pukul 10.55 WIB, kedatangan PM Belanda Mark Rutte yang mengenakan baju celana panjang hitam dengan kemeja batik warna coklat langsung disambut oleh Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja batik yang mirip, yaitu warna coklat kehitaman dengan celana panjang warna hitam.

Sebelum memasuki Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi memperkenalkan sejumlah pejabat yang mendampinginya, di antaranya Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Selanjutnya, Presiden dan Mark Rutte memasuki Ruang Teratai, Istana Kepresidenan Bogor untuk sesi foto bersama dilanjutkan dengan penandatanganan buku tamu. Presiden kemudian mengajak Mark Rutte menuju Veranda Talk dan dilanjutkan dengan penanaman pohon. Pertemuan diakhiri dengan keterangan pers bersama. Dalam kunjungan ini PM Mark Rutte didampingi oleh Penasehat Utama Bidang Luar Negeri dan Pertahanan serta Koordinator Nasional untuk Keamanan dan Penanggulangan Terorisme Belanda, yang kesemuanya juga mengenakan kemeja batik. (p/ab)