Suasana Idul Fitri di Mekkah Pasca Teror Bom

By Admin

nusakini.com--Shalat Idul Fitri di Makkah berlangsung sekitar pukul 6 pagi. Tidak seperti di Indonesia, takbir baru digelar setelah shalat Subuh hingga jelang shalat Ied. 

Menurut wartawan ABC Australia Plus Indonesia Erwin Renaldi yang sedang menjalankan umroh di Arab Saudi, terlihat banyak anak-anak yang membagikan kurma, cokelat, permen kepada jemaah Masjidil Haram.

Berita soal ledakan di Madinah dan Jeddah sehari sebelumnya tidak menganggu jalannya ibadah penutup di bulan Ramadan. Para jemaah, termasuk dari Indonesia tetap memadati Masjidil Haram, sejak Rabu (6/07) dini hari.

Memang untuk mendapatkan tempat yang nyaman dan di dalam masjid para jemaah harus sudah berada di masjid sejak pukul 2 pagi.

Usai shalat Ied, jemaah melanjutkan ibadah masing-masing seperti berthawaf. Ada pula yang berdatangan ke restoran dan pusat perbelanjaan untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan teman.

Sementara banyak jemaah asal Indonesia yang bertolak ke kota Jeddah untuk melanjutkan perjalanan pulang ke Tanah Air. (v/ab)