Stasiun Kereta Api Paling Sunyi dan Sepi di Dunia

By Admin


nusakini.com - Yang namanya stasiun, normalnya pasti rame dan berisik. Salah satu contoh stasiun kereta api paling sibuk di dunia adalah Jepang. Shinjuku station di Tokyo, setiap harinya bisa mengangkut lebih dari 3,5 juta penumpang atau 1,3 milliar setahunnya. Namun berbanding terbalik dengan stasiun kereta berikut ini.

  • Shippea Hill


Shippea Hill terletak di kota Cambridgeshire, Inggris. Mempunyai rata-rata statistik 1 penumpang saja perbulan. Stasiun ini cuma melayani 1 kereta api di weekdays.. itu juga harus request dulu.

Sejarahnya stasiun kereta Shippea Hill ini tadinya digunakan untuk membawa kereta kargo yang berisi sayur dan mayur untuk didistribusikan ke London. Tapi karena teknologi, perlahan kereta yang membawa sayur dan mayur tersebut digantikan oleh truck dan akhirnya mati. Gereja, sekolah dan perkampungan yang ada disanapun akhirnya juga ikut mati. Sekarang kampungnya jadi super sepi.

 Yang jadi Pertanyaannya, Kenapa sih udah tau sepi kok masih aja difungsikan? Ternyata, ironisnya lebih murah untuk selalu membuka jalur kereta tersebut dibandingkan menutupnya. Kata sumbernya, menutup jalur kereta itu memerlukan waktu yang panjang dan harus berhadapan dengan birokrasi yang ribet. Dari mulai konsultasi, pemerintah dan juga masyarakat Dan akhirnya banyak operator kereta yang tetep menjalankan kereta kosong atau ghost train biar gak kena pajak atau bayaran dll. 

  • The Kyu Shirataki


Tepatnya di Hokkaido, Jepang. Stasiun ini juga terkenal sangat kalem. kereta cuma berhenti 2 kali sehari, yaitu mengantar anak sekolah yang bernama Kana Harada. Iya, cuma buat anter dia sekolah aja. Dan cuma dia penumpangnya. 

Tadinya, Kyu Shirataki ini mau ditutup karena emang sepi banget. Tapi karena ada satu anak sekolah yang harus menggunakan itu, jadi Hokkaido Railway tetap menjalankan stasiun ini seperti biasa. (k/om)