Stand Pameran MTQ Kemenag Diserbu Pengunjung

By Admin

nusakini.com--Stan pameran Kementerian Agama di pameran peradaban Islam mendapat apresiasi tinggi dari pengunjung. Stan Kemenag yang memanjang 24 meter dengan fasad stan ornament khas Lombok mendominasi, dipenuhi pengunjung masyarakat sejak dibuka pukul 10.00 waktu setempat. 

Di ajang pameran ini, stan Kementerian Agama mengusung konsep layanan yang direpresentasikan tugas fungsi setiap unit eselon I. Di pintu masuk pameran, stan dari Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan menyajikan informasi dan referensi serta publikasi tentang tentang khazanah peradaban Islam dalam bentuk foto, arsip dan bahan bacaan lainnya. 

Menyusul Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, sejumlah pemandu stan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah siap memberikan layanan konsultasi tentang haji dan umrah disertai sejumlah bahan dan publikasi serta informasi tentang haji dan umrah dalam bentuk CD Manasik Haji, leatlet, buku dan informasi menyangkut haji lainnya, juga informasi layanan dalam Aplikasi Haji Pintar. 

Bergeser ke dalam, penjaga dari Pusat Informasi dan Humas sigap memberikan layanan dan informasi bagi pengunjung yang bertanya perihal program dan informasi tentang madrasah, beasiswa dan lainnya. Setiap pengunjung akan diberikan leaflet berisikan informasi perihal layanan dan alur pendaftaran haji, PPID, nikah. 

Selanjutnya, di tempat Direktorat Jenderal Bimas Islam, pengunjung bisa memperoleh bahan dan publikasi tentang produk dan layanan di Ditjen Bimas Islam inisepertilayanan konsultasi nikah, wakaf, produk halal.Di stan ini, pengunjung juga bisa berfoto ria dengan sejumlah tagline yang dikemas dalam bentuk tagline kreatif dan gaul dengan kalimat seperti, #YukkeKUA, Keluarga Sakinah, Nikahnya Tercatat di KUA, Sudah Halal, Alhamdulillah 100%, dan slogan kreatif lainnya. 

Rabu (3/8), Rini dan dua rekannya yang merupakan tenaga pengajar di salah satu lembaga kursus tampak ceria berfoto dengan tagline-tagline di atas. Kepada Pinmas yang menemuinya usai berselfie ria, ia mengaku senang dengan pameran ini khususnya di stan Kemenag. 

"Senang, bisa berfoto dengan tagline lucu-lucu namun mengandung pesan bermanfaat, juga bisa dapat publikasi perihal program dan layanan di Kemenag," ujar Rini yang diamini dua rekannya. 

Pameran Peradaban Islam yang dihelat dalam rangka MTQ ini secara keseluruhan dalam amatan Pinmas berhasil menyedot perhatian dan animo masyarakat Kota Mataram dan daerah di sekitarnya. Selain Kemenag, terdapat stan dari UMKM, pemerintah daerah, dan stan yang menjual produk kerajinan khasnya masing-masing daerah. Ayo ke Pameran Peradaban Islam MTQN ke-26. (p/ab)