SP vs PSM: Saling Memuji, Sama-sama Optimis Menang

By Abdi Satria


nusakini.com-Padang-Semen Padang dan PSM Makassar saling memuji kekuatan lawan sehari jelang bersua pada pekan ke-19 Liga 1 2019 di Stadion Agus Salim Padang, Senin (23/9/2010). Tuan rumah menilai PSM adalah tim kuat meski datang ke Padang tanpa sejumlah pilar yang cedera atau akumulasi kartu. 

Sebaliknya, PSM menilai kekuatan Semen Padang jauh lebih baik dibandingkan putaran pertama. Perekrutan sejumlah pemain baru. Termasuk dua pemain asing, Vanderlei Fracisco dan Flavio Beck Junior dinilai membuat Semen Padang belum tangguh. Rujukannya ada yakni sukses mereka mengimbangi tuan rumah Persib Bandung 1-1 (18/9/2019).

Welliansyah, asisten pelatih Semen Padang lebih dulu. "PSM tetap tim solid meski ada sejumlah pemain absennya. Mereka sudah terbiasa dengan kondisi itu. Tanpa Amido Balde dan Aaron Evans, tetap tak mudah buat kami mengalahkan mereka," tegas Welliansyah pada sesi jumpa media di Padang, Minggu (22/9/2019).

Tapi, Welliansyah menegaskan, Semen Padang ingin menjadikan duel kontra PSM jadi momen untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen. "Pembenahan yang dilakukan jelang putaran kedua adalah bukti keseriusan manajemen agar Semen Padang tetap bertahan di Liga 1 musim depan," tutur Welliansyah.

Dari kubu PSM, pelatih Darije Kalezic mengaku sudah melihat rekaman dua pertandingan Semen Padang di Liga 1 yakni saat menghadapi PSS Sleman dan Persib Bandung. "Dari dua rekaman itu, saya menilai penampilan Semen Padang sangat berbeda," papar Darije.

Tak hanya dari sisi teknis. Kondisi permukaaan lapangan Stadion Agus Salim yang tak rata dan keras jadi 'keuntungan' tersendiri buat tuan rumah. "Tapi, saya sudah mengantisipasinya. PSM akan bermain dengan strategi agak berbeda pada pertandingan besok. Faktor kondisi lapangan juga sedikit mempengaruhi perubahan penampilan PSM," pungkas Darije. (ab)

Prakiraan Pemain

Semen Padang (4-4-2): Teja Paku Alan; Anwar , Dendy Gusmawan, M. Rifqi, Roni Rosadi ; Dedi Hartono, Flavio Beck Jr., Leo Guntara, Yu Hyunkoo; Dany Karl Max, Vanderlei Fracis

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit;Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Munhar, Bey Wahyudi;Wiljan Pluim, Marc Klok, Rizky Pellu;Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, M. Rahmat