Sosialisasi SPAK, Kakanwil Kemenag DKI: Saatnya Ditularkan Pada Laki-laki

By Admin

nusakini.com--Lebih 100 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Jakarta Barat mengikuti sosialisasi gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) yang digelar pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. Sosialisasi ini menjadi rangkaian kegiatan pembinaan ASN yang dilaksanakan Kankemenag Kota Jakarta Barat. 

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab mengatakan, gerakan SPAK digagas oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gerakan ini semula menyasar kaum perempuan dalam upaya pencegahan korupsi. Kini, SPAK perlu ditularkan pada ASN Laki-laki.  

“Saya minta pada seluruh Kepala Madrasah, Kepala KUA juga menyebarkan virus - virus SPAK di unitnya masing – masing. Sehingga bisa berkembang menjadi Saya Laki-laki Anti Korupsi,” pesan Kakanwil, Kamis (05/04).  

Pentingnya sosialisasi nilai-nilai anti korupsi, menurut Mujab, bertujuan meningkatkan mutu tata kelola Pemerintahan. Kegiatan ini dihadiri Kepala Kemenag Kota Jakarta Barat Sofi’i, Kasubbag Tata Usaha, seluruh eselon IV pada Kemenag Kota Jakbar, serta para Kepala Madrasah, Kepala KUA, Pengawas, Penyuluh, Perwakilan Guru dan JFU Kankemenag Kota Jakbar. 

Saiful Mujab minta semua unit kerja melakukan perubahan, baik di tingkat Kanwil, Kemenag kota, madrasah maupun KUA, utamanya dalam melayani masyarakat. "Dulu dilayani sekarang melayani masyarakat,” ujar Kakanwil. 

"Lebih baik kita menjemput pekerjaan daripada kita menunggu pekerjaan," sambungnya. 

Mujab mengapresiasi inisiatif Kemenag Jakbar untuk terus mengkampanyekan SPAK. Menurutnya, Kemenag Jakarta Barat menjadi pionir pelaksanaan SPAK di Kanwil Kemenag DKI Jakarta. 

“Kegiatan ini dalam rangka menyamakan persepsi sebagai ASN jaman now dalam menyikapi isu – isu terkini,” ujarnya. 

“Semoga ini bisa terus berkembang sehingga menjadi kebersamaan dalam memahami budaya anti korupsi,” tandasnya.  

Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Komaria mengatakan, pihaknya selaku agen SPAK telah membuat program berkesinambungan terkait penyebaran nilai-nilai anti korupsi. “Kemarin kita telah sosialisasi dengan ASN Kanwil, hari ini pada ASN Kemenag Jakarta Barat, nanti akan menyusul Kemenag lainnya, kemudian madrasah dan penyuluh agama,” jelas Komaria. (p/ab)