Sosialisasi Indonesian Day 2018 Kepada Warga Masyarakat Indonesia Cape Town

By Admin

nusakini.com--Pada kegiatan Sosialisasi Indonesian Day 2018 yang telah terlaksana pada akhir pekan lalu, Konsul Jenderal RI Cape Town menegaskan dukungan penuh terhadap partisipasi masyarakat Indonesia dalam pelaksanaan Indonesian Day 2018, 1 September 2018 mendatang . Kegiatan dihadiri oleh 60 orang keluarga besar WNI di wilayah kerja KJRI Cape Town.     

Kesempatan untuk membahas rencana pelaksanaan Indonesian Day telah ditunggu-tunggu seluruh warga masyarakat Indonesia Cape Town. Kegiatan tersebut dipandang menjadi ajang aktualisasi diri warga mengangkat citra positif Indonesia melalui ragam kuliner, pertunjukan seni budaya, dan kerajinan tangan.

Di samping itu, kesan warga terhadap pelaksanaan Indonesian Day 2017 cukup mendalam karena melihat potensi pemberdayaan ekonomi warga dalam kegiatan tersebut, sebagaimana disampaikan oleh Kiky, salah satu warga yang ikut berjualan pada Indonesian Day 2017, “Saya pribadi senang dengan insentif kegiatan ini oleh KJRI Cape Town karena dengan demikian warga Indonesia memperoleh peluang extra income warga Indonesia melalui kesempatan tersebut. Saya berharap kesempatan itu dapat diperluas."  

Untuk pelaksanaan tahun ini, Indonesian Day 2018 akan mengangkat tema Unity in Diversity (Instagram: @indonesianday.capetown, facebook: @IndonesianDayCapeTown). Target pengunjung yang diharapkan dapat mencapai 2000 orang dengan jumlah vendor booth yang terlibat kurang lebih 24 buah yang terdiri dari beranekaragam produk makanan minuman, produk kerajinan tangan dan etnik Indonesia, produk kecantikan, serta paket wisata. Dalam hal ini, para pengusaha UKM Indonesia turut diundang berpartisipasi. 

Indonesian Day pertama kali terlaksana pada tanggal 9 September 2017 dengan didukung penuh oleh KJRI Cape Town. Dari target semula hanya 700-800 orang pengunjung, warga masyarakat Cape Town yang hadir membludak menjadi 1709 orang. Total ada 23 booth yang memasarkan berbagai jenis produk Indonesia, mulai dari sajian makanan dan sambal khas tanah air, produk batik, fesyen, perhiasan, furnitur, kerajinan tradisional, spa dan kecantikan, jasa perjalanan wisata ke Indonesia, hingga pusat informasi terkait produk unggulan Indonesia (p/ab)