Soni Sumarsono Pantau Kondisi Pedagang Pasar Butta Salewangang

By Admin

nusakini.com--Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono bersama para penjabat dan Ketua TP PKK Sulsel, Tri Rahayu mengunjungi Pasar Rakyat Butta Salewangang Kabupaten Maros, Selasa (8/5/18). Kunjungan ini untuk mengetahui ketersediaan stok harga bahan pokok di pasar yang baru resmi beroperasi pada 23 April lalu. Merekayang berjualan adalah pedagang dari Pasar Sentral Maros. 

"Berapa harga telurnya satu kilo?" tanya Sumarsono pada seorang pedagang telur. 

Muhammad Idris, pedagang tersebut menjelaskan, untuk telur ayam ras satu rak seminggu lalu Rp 40 ribu, saat ini Rp 43 ribu, sedangkan untuk telur bebek dari Rp 58 ribu menjadi Rp 60 ribu. 

"Harga ini masih wajar sebenarnya, stoknya juga aman," jelasnya. 

Selanjutnya, Sumarsono mengunjungi penjual cabe. Disini para pedagang menggunakan strategi untuk menarik pembeli. Kasim misalnya, cabe rawit yang perkilonya dapat dijual Rp 30 ribu justru dijual Rp 20-25 ribu. Sedangkan lombok besar yang harga pasarnya Rp 50 ribu dijual seharga Rp 40 ribu. 

"Ini juga bagian dari strategi, selain agar laku juga menarik pembeli datang ke tempat ini," sebutnya. 

Sumarsono mengaku tidak menemukan kendala terkait stok dan harga di pasar tersebut. Justru salut dengan upaya pedagang melakukan strategi mendatangkan pembeli. 

"Karena ini pasar sifatnya baru, jadi bagaimana orang datang dulu. Bahkan ada pedagang yang menjual bisa Rp 50an ribu justru dijual Rp 40an saja, dengan alasan promosi," sebutnya. 

Sumarsono meminta Bupati melalui tim TPID untuk menjaga harga tetap terkendali jelang Ramadan dan Idul Fitri. Pasar ini dinilainya juga hadir dengan fasilitas lengkap. 

"Bahkan mereka tidak bayar, karena pindah, mereka hanya membayar retribusi sebesar Rp 10 ribu permeter perbulan, ini pengganti retribusi harian, jadi hampir gratis," ujarnya.(p/ab)