SMPN 1 Makassar dan Alumni Sosialisasi Program Bersedekah di Hari Pahlawan

By Admin


nusakini.com-Makassar-SMPN 1 Makassar dan alumninnya yang tergabung dalam IKA Spensa bekerjasama melakukan kerja nyata dengan membuat program bersedekah sekaligus peduli kepada lingkungan sekitarnya. Program ini disosialisasikan tepat pada Hari Pahlawan, Sabtu (10/11) bertempat di lapangan upacara SMPN 1 Makassar. 

"Program ini juga sejalan dengan program Pemkot Makassar yakni Makassar TaTidakRantasa," ujar Rahmat Djalil, Ketua Harian IKA Spensa Makassar.

Menurut Rahmat, ada dua kerja nyata pada program ini yakni sedekah beras dan sedekah beras. Untuk sedekah beras, setiap siswa dan alumni akan mengumpulkan 1 liter per orang yang nantinya akan disalurkan ke masyarakat yang kurang mampu di sekitar sekolah. "Penyalurannya akan dilaksanakan setiap akhir bulan," terang Rahmat.

Sementara untuk sedekah sampah, setiap siswa akan dibiasakan memisahkan limbah plastiknya dan memasukan ke dalam kantung sedekah yang disiapkan oleh alumni. "Sampah yang terkumpul akan disedekahkan ke pemulung," papar Rahmat. Pada sosialiasi ini, turut hadir Ketua Umum IKA Spensa, Mahmud Mas'ud, Kepsek SMPN I, Suaib Ramli S.Pd M.Pd dan Pembina kesiswaan Drs. Massesuni M.

"Program ini sangat baik untuk membina dan mengajarkan siswa agar peduli pada sesama dan lingkungan," kata Suaib, Kepsek SMPN 1 Makassar.

Sementara itu, Mahmud Mas'ud, Ketua IKA Spensa mengungkapkan program ini merupakan bagian dari program jangka panjang para alumni untuk mengembalikan pamor SMPN 1 sebagai salah satu sekolah terbaik di Makassar. "Sebagai alumni, kami fokus membuat program untuk meningkatkan kualitas mental dan sikap para siswa. Soal pendidikan, kami percayakan ke sekolah untuk melakukan pembinaan," tutur Mahmmud.

Mahmud menambahkan, memperingkat Hari Pahlawan, IKA Spensa mengajak para siswa untuk belajar sungguh-sungguh dan tidak mendekati narkoba. "Ini juga salah satu cara pelajar untuk menghargai pahlawannya," pungkas Mahmud (ab)