Skema Rantai Nilai Hadirkan KUR Bagi Sejuta Petani

By Admin


nusakini.com - Ketua Kadin, Rosan Roeslani di Jakarta, Senin (23/5/2016) mengatakan, hingga empat tahun mendatang, satu juta petani, dari berbagai komoditas sektor agro di seluruh Indonesia, akan menjadi sasaran penerima manfaat dari Skema Inovasi Rantai Nilai yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani.

Adapun skema Inovasi Rantai NiIai bagi sektor agro merupakan kredit usaha rakyat plus, sebuah skema kredit untuk petani dengan manfaat tambahan seperti pemberian biaya hidup selama masa tunggu panen 

Rosan menyampaikan, program yang difasilitasi pelaksanaannya oleh Partnership for Indonesia's Sustainable Agriculture (PISAgro) ini telah berhasil menjangkau lebih dari 445 ribu petani pada tahun 2016, dengan luas area mencapai lebih dari 350 ribu hektare. Dari tingkat partisipasi petani pada tahun 2015, program ini menjangkau 83 ribu petani dan total lahan mencapai 67 ribu hektare. 

Menurutnya, program ini juga memberi dukungan infrastruktur perkebunan, penyediaan bibit dan pupuk berkualitas, pendampingan dan disiplin implementasi praktik budidaya yang baik, juga akses terhadap perbankan dan edukasi literasi keuangan, pemberdayaan petani melalui koperasi, serta bantuan pengurusan sertifikasi manajemen lingkungan. 

"Kadin bekerja sama dengan lkatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), untuk membantu memformulasikan rencana aksi terobosan, dan sinergi antar lembaga, serta pemangku kepentingan untuk membantu para petani memperoleh lebih banyak manfaat dari Skema Inovasi Rantai Nilai.(if/mk)