Siswi MTsN 1 Payakumbuh Juara Festival Silat International

By Admin


nusakini.com-Payakumbuh -Prestasi di bidang olah raga pencak silat diukir siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Payakumbuh, Ria Fadila Kurniawati. Siswi kelas VIII ini berhasil menyabet Juara terbaik I dalam Event Festival Silat Internasional kategori Anak Nagari. 

Event Internasional ini dipromotori oleh Pemprov Sumatera Barat yang digelar di Ngalau Medan Nan Bapaneh, Kota Payakumbuh dari 13 - 15 Oktober 2018. Event perdana ini diadakan dengan tujuan untuk membuat generasi muda lebih menyukai seni beladiri silat. 

Ratusan pendekar silat, dari dalam dan luar negeri, hadir dan ikut memeriahkan perhelatan akbar ini. Mereka datang dari Provinsi Sumbar, Kepulauan Riau, Riau, Jakarta, Jambi, Vietnam, Singapura, Malaysia, Brunai dan bahkan Brazil. Setidaknya, ada 25 perguruan silat yang ikut serta pada perhelatan ini.  

Meski bermain di kandang sendiri, Ria mengaku tidak menganggap enteng lawan. Untuk itu, persiapan dilakukan sejak jauh-jauh hari, dengan disiplin latihan sepulang belajar di Madrasah. Latihan silat ini sudah dia tekuni sejak kelas IV Sekolah Dasar. 

Dalam performnya, Sabtu (13/10). Ria yang menampilkan jurus silatnya yang bernama “Kuncian Angin Baputa”, bermain sendirian selama 3 menit di atas matras. Dari penampilan itu, Ria berhasil meraih juara terbaik I dan diganjar hadiah tropy dan uang sebesar 3 juta rupiah. 

Ria mengaku senang dengan prestasi ini. Itu memacunya untuk terus berlatih. Menurut Ria, silat yang digelutinya adalah olah raga tradisi Minangkabau.  

“Saya hobi dengan olah raga silat ini, dan saya akan berlatih terus. Mudah-mudahan saya bisa menjadi atlet nasional dan bisa bermain di Asean Games,” harap gadis minang 14 tahun ini. 

Ditemui saat menerima piala kejuaraan, Rabu (17/10), Kepala MTsN 1 Kota Payakumbuh Sahidin mengucapkan selamat kepada Ria Fadila Kurniawati. Menurutnya, prestasi itu sangat membanggakan dan menjadi tolak ukur kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Ia berharap prestasi yang diraih ini bisa menjadi penyemangat bagi peserta didik yang lain. (p/ab)