Sinergi Program 4 Menteri untuk Swasembada Daging Melalui SIWAB

By Admin


nusakini.com - Target swasembada daging sapi secara serius digarap pemerintah. Hal ini ditunjukkan dengan diluncurkannya program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB) yang disinergikan empat kementerian., yakni Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Desa dan Kementerian Koperasi-UKM.

Dalam sinergi ini, masing-masing kementerian bergerak dalam irama yang sama dalam menerapkan berbagai kebijakan yang antara lain;

Menteri Pertanian: Pada 2017 ditargetkan siwab mencapai 3 juta ekor. Kementan menyiapkan Rp 1 triliun untuk inseminasi buatan bagi peternak disamping bimbingan teknis.

Menteri Perdagangan: Pada tahap awal Kemendag akan diimpor sapi bakalan guna menjaga populasi sapi. Pihaknya akan memberi izin koperasi untuk mengimpor sapi bakalan. Sapi itu bisa dikelola dengan satu keluarga memelihara 5-10 ekor dengan pola bagi hasil.

Menteri Desa: Kemendesa PDT akan meningkatkan dana bagi desa hingga mencapai Rp 111 triliun sampai tahun 2019. Dana itu bukan saja bisa dimanfaatkan untuk infrastruktur, melainkan juga untuk badan usaha milik desa, termasuk pengelolaan sapi.

Menteri Koperasi-UKM: Program Gerakan Penyerentakan Berahi dan Inseminasi Buatan (GBIB) akan disinergikan dengan program Upsus SIWAB.(p/mk)